Sukses

Jenius Hadirkan Pilihan Berkurban Digital Lewat Aplikasi

Digital savvy akan mudah mengakses kurban digital melalui aplikasi Jenius pada menu Tagihan (Billers)

Liputan6.com, Jakarta - Jenius kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa menghadirkan solusi kurban digital di masa pandemi. Dengan demikian, pengguna Jenius bisa melakukan kurban melalui menu Tagihan (Billers) yang ada di aplikasi Jenius.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN mengatakan, perbankan digital tersebut memiliki peran penting saat ini. Jenius hadirkan fitur ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat digital savvy.

“Salah satu hasilnya, kami wujudkan melalui kolaborasi bersama Baznas, Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa yang membantu masyarakat digital savvy berkurban dengan lebih mudah dan aman. Masyarakat digital savvy dapat berkurban dengan tetap di rumah saja tanpa melakukan kontak fisik,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (15/7/2021).

Sementara itu, Piminan Baznas RI, Rizaludin Kurniawan, menyambut baik kolaborasi ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan membayar kurban secara digital. Upaya ini, katanya, akan mendukung suksesnya program Kurban Online Baznas yang telah diluncurkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentuk Dukungan Kebijakan PPKM Darurat

"Adanya fitur pembayaran kurban di Jenius ini menjadi salah satu solusi terbaik dalam membantu masyarakat menunaikan kurbannya. Dengan Kurban Online BAZNAS yang didukung Jenius, merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam penerapan PPKM Darurat,” tuturnya.

Rizaludin menambahkan, melalui layanan kurban yang dikelola lembaganya, setiap tahun tercatat partisipasi masyarakat selalu meningkat. 

“Tahun 2019 lalu peningkatan jumlah peserta kurban bahkan mencapai 118 persen dan pada 2020 naik 66 persen. Semoga kolaborasi ini dapat menjadi solusi untuk pemerataan dan pendistribusian daging kurban yang tepat sasaran," kata Rizaludin.

3 dari 3 halaman

19 Pilihan Kurban

Informasi, Jenius bersama BAZNAS, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa menyediakan 19 pilihan kurban. Jenius juga menyediakan cara baru berkurban melalui pilihan kurban rendang atau kurban kornet.

Jika pengguna memilih cara ini, kambing/sapi kurban akan diolah dan dikemas dalam bentuk rendang atau kornet kalengan dengan rincian seekor kambing diolah menjadi kurang lebih 30 kaleng kornet atau ± 25 kaleng rendang.

Kemudian 1/7 ekor sapi diolah menjadi sekitar 50 kaleng kornet atau sekitar 35 kaleng rendang, dan seekor sapi diolah menjadi sekitar 350 kaleng kornet atau kurang lebih 235 kaleng rendang.

Pilihan kurban lainnya yakni kurban kambing Raudhah, kambing Al Kautsar, kambing Firdaus, kurban sapi (1/7 ekor atau satu ekor), dan kurban domba untuk muslim di Palestina, sampai kurban kambing atau sapi untuk desa terpencil yang minim penyembelihan hewan kurban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini