Sukses

Google Meet Batasi Panggilan Grup Akun Gratis Hanya 60 Menit

Google secara resmi menyetop dukungan waktu tidak terbatas (unlimited) dalam panggilan grup bagi pengguna Google Meet dengan akun gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Google secara resmi menyetop dukungan waktu tidak terbatas (unlimited) dalam panggilan grup bagi pengguna Google Meet dengan akun gratis. Selanjutnya, panggilan grup akan dibatasi dengan durasi waktu 60 menit.

Aturan tersebut berlaku bagi sesi Google Meet dengan jumlah paritisipan 3 orang atau lebih. Jadi, pengguna dengan akun Gmail yang tidak berlangganan masih bisa melakukan panggilan ke satu orang lain dengan batasan 24 jam.

Sejak dirilis pada April 2020, Google menyediakan group call tanpa batas waktu hingga 31 Maret 2021 dan kemudian diperpanjang hingga 30 Juni. Saat ini, Google tak lagi ‘bermurah hati’.

Mengutip 9to5Google, Rabu (14/7/2021), pengguna akan mendapatkan notifikasi beberapa saat sebelum batas waktu 60 menit yang telah ditentukan habis.

“Pada menit ke-55, semua orang mendapat pemberitahuan soal panggilan akan segera berakhir. Untuk memperpanjang panggilan, host harus meng-upgrade akun Google mereka. Jika tidak, panggilan akan berakhir pada menit ke 60,” tulis Google.

Untuk dapat menikmati sesi Google Meet tanpa batas waktu tersebut, pengguna harus upgrade ke akun Workspace Individual dengan membayar sekitar Rp 145 ribu per bulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Google Meet Tambahkan Filter Animasi Baru di iOS dan Android, Sudah Coba?

Google Meet baru saja menambahkan filter video, efek, dan wajah animasi augmented reality (AR) baru di iOS dan Android.

Fitur baru ini diumumkan Google melalui akun Twitter resminya. "Tambahkan kucing, astronot, ubur-ubur, dan lainnya ke panggilan Meet kamu. Filter, topeng, dan efek baru kini tersedia untuk Meet di Android dan iOS. Cobalah hari ini," tulis Google.

Filter animasi baru itu tersedia melalui ikon Sparkle/Effects di kanan bawah layar, yang menampilkan berbagai efek yang mencakup filter warna dan efek wajah (AR) animasi.

Sebagian besar opsi hanya tersedia untuk akun Gmail pribadi, sementara pengguna Workspace atau untuk urusan profesional, pilihannya terbatas seperti opsi latar belakang buram dan virtual. Demikian sebagaimana dilansir The Verge, Senin (12/7/2021).

Filter baru Google Meet itu sebenarnya mirip dengan apa yang sudah tersedia untuk layanan obrolan video Duo Google yang berfokus pada konsumen

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Filter Animasi Baru di Google Meet

Google Meet menambahkan fitur baru berupa filter augmented reality (AR) yang bisa menambahkan efek ke dalam tampilan video pengguna.

Melalui akun Twitter resmi perusahaan, Google membagikan sebuah video pendek dengan durasi 13 detik. Isinya adalah cara singkat menggunakan fitur baru Google Meet tersebut.

Diketahui, filter ini bisa digunakan pada perangkat iOS dan Android. Berikut ini cara menggunakannya.

- Langkah pertama, kamu perlu melakukan panggilan video via Google Meet dengan teman atau rekan kamu.

- Di sisi kanan bawah, ada ikon seperti bintang-bintang yang biasanya menunjukkan arti ‘Effect’ atau ‘Filters’. Klik tepat pada ikon tersebut.

- Itu akan memunculkan tab ‘Effect’ di sisi bawah. Pada deretan menu di sisi paling bawah, gulir ke samping untuk menemukan ‘Filters’. Klik menu tersebut.

- Kemudian akan muncul berbagai pilihan filter yang bisa kamu gunakan dengan menggulir ke samping dari deretan filter yang ada.

Ada banyak pilihan filter Google Meet, seperti animasi kucing, buaya, ikan, astronaut, kepiting, dan masih banyak yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini