Sukses

Apple Bakal Rombak Tampilan iPad Mini Generasi Terbaru

Menurut bocoran terbaru, Apple akan menghadirkan iPad Mini generasi terbaru dengan desain yang berubah dari generasi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan bakal merombak tampilan iPad Mini generasi terbaru yang rilis tahun ini. Adapun informasi ini diungkap oleh jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (14/7/2021), tampilan iPad Mini yang rilis akhir tahun ini akan mendapat perubahan besar-besaran. Mark pun menyebut ini merupakan perubahan desain terbesar yang terjadi di sejarah iPad Mini dalam sembilan tahun terakhir.

Informasi ini melanjutkan bocoran yang diungkap Mark sebelumnya. Selain itu, berdasarkan render yang beredar, desain iPad Mini terbaru memang tampil beda, seperti bezel yang lebih tipis dan absennya kehadiran tombol fisik home.

Tidak hanya Mark, Ming-Chi Kuo sebelumnya juga sempat mengungkap adanya perubahan ini. Dia menuturkan, dengan bezel lebih tipis, bentang layar iPad Mini menjadi lebih luas, sekitar 8,5 sampai 9 inci, berbeda dari generasi saat ini yang hanya 7,9 inci.

Perubahan lain juga dilakukan dengan penggunaan port USB Type-C menggantikan lightning port. Meski tombol fisik home dihapus, fungsi Touch ID disebut masih tersedia dan dibenamkan pada tombol power.

Kendati demikian, belum ada informasi mengenai spesifikasi maupun jadwal rilis iPad Mini generasi terbaru ini. Apple sendiri disebut tidak hanya akan memperkenalkan iPad Mini terbaru di 2021, melainkan juga iPad Pro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Bakal Rilis iPad Pro dan MacBook Air dengan Layar Mini LED

Di sisi lain, Apple dikabarkan akan memperkenalkan generasi terbaru untuk lini iPad Pro dan MacBook Air yang sudah dilengkapi dengan layar mini LED.

Informasi ini diungkap oleh leaker kenamaan produk Apple, yakni Ming-Chi Kuo. Dia mengatakan, pemasok mini LED baru--Luxshare Precision--akan memulai produksi massal dari paruh kedua tahun 2021 hingga 2022.

“Diperkirakan, produk baru Apple yang dilengkapi dengan layar mini LED ini akan dirilis pada 2022," kata Kuo, sebagaimana dilansir Gizchina, Selasa (13/7/2021).

Kuo menambahkan, iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci, serta MacBook Air yang baru akan hadir dengan panel layar mini LED ini.

Informasi, mini LED merupakan panel layar berbasis LCD dengan ribuan dioda lampu latar kecil.

Disebutkan, panel ini menawarkan kontras yang jauh lebih unggul, lebih cerah, dan peningkatan performa HDR yang mampu menyaingi panel OLED.

Laporan itu juga menyebutkan, hambatan pasokan hardware untuk iPad Pro mini LED saat ini adalah proses produksi SMT LED mini.

3 dari 3 halaman

MacBook Pro dengan mini LED

Beberapa analis meyakini, Luxshare Precision dapat secara signifikan mengurangi biaya produksi mini LED dan juga dapat meningkatkan pasokan layar panel ini setelah menjadi pemasok baru.

Ming-Chi Kuo juga memprediksi, MacBook Pro 14 inci dan 16 inci yang baru dirancang dan akan masuk produksi massal pada kuartal ketiga tahun 2021 hadir dengan tampilan LED mini.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.