Sukses

Android 12 Mungkinkan Pengguna Main Game Meski Aplikasi Belum Selesai Diunduh

Fitur di Android 12 memungkinkan pengguna memainkan gim yang tengah diunduh, meski proses unduh belum selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Google mengumumkan sebuah fitur baru untuk OS Android 12. Fitur baru yang dimaksud adalah pengguna bisa memainkan gim yang tengah diunduh, meski proses unduh belum selesai.

Untuk aplikasi gim yang file-nya besar tentu hal ini bakal sangat berguna. Pasalnya pengguna tidak harus menunggu hingga unduhan selesai untuk bisa bermain gim.

Google pun membagikan gambaran mengenai seberapa cepat pengguna bisa membuka gim, melalui sebuah GIF. Sejauh ini, fitur tersebut dikenal dengan nama "play as you download" atau "bermain sembari kamu mengunduh".

Google menjanjikan pengguna bisa langsung membuka gim yang mereka unduh dalam waktu cepat, terutama gim berukuran 400MB atau lebih besar.

"Pengguna bisa membuka gim setidaknya dua kali lebih cepat (dari biasanya ketika aplikasi harus diunduh sampai tuntas)," kata Google, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (13/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mirip dengan Milik Sony di PlayStation

Sekadar informasi, fitur ini agak mirip dengan yang dimiliki Sony pada gim-gim di konsol PlayStation.

Rencananya fitur ini bakal berfungsi pada gim yang menggunakan sistem Play Asset Delivery.

Menurut Google, jika gim menggunakan sistem ini, pengembang gim tak perlu melakukan apa pun untuk mengaktifkan fitur tersebut.

3 dari 3 halaman

Diumumkan di Google for Games Developer Summit

Informasi ini muncul sebagai bagian dari Google for Games Developer Summit 2021 yang berlangsung pada 12-13 Juli. Pada acara tersebut, Google juga mengumumkan dasbor gim baru untuk Android.

Dasbor ini memberikan pengguna akses mudah ke utilitas seperti screenshot dan perekaman. "Dasbor akan tersedia di perangkat-perangkat tertentu pada akhir tahun ini," kata Google.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.