Android 12 Mungkinkan Pengguna Main Game Meski Aplikasi Belum Selesai Diunduh

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 13 Jul 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 13 Jul 2021, 15:45 WIB
Ilustrasi Android 12. Dok: androidpolice.com
Perbesar
Ilustrasi Android 12. Dok: androidpolice.com

Liputan6.com, Jakarta - Google mengumumkan sebuah fitur baru untuk OS Android 12. Fitur baru yang dimaksud adalah pengguna bisa memainkan gim yang tengah diunduh, meski proses unduh belum selesai.

Untuk aplikasi gim yang file-nya besar tentu hal ini bakal sangat berguna. Pasalnya pengguna tidak harus menunggu hingga unduhan selesai untuk bisa bermain gim.

Google pun membagikan gambaran mengenai seberapa cepat pengguna bisa membuka gim, melalui sebuah GIF. Sejauh ini, fitur tersebut dikenal dengan nama "play as you download" atau "bermain sembari kamu mengunduh".

Google menjanjikan pengguna bisa langsung membuka gim yang mereka unduh dalam waktu cepat, terutama gim berukuran 400MB atau lebih besar.

"Pengguna bisa membuka gim setidaknya dua kali lebih cepat (dari biasanya ketika aplikasi harus diunduh sampai tuntas)," kata Google, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (13/7/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mirip dengan Milik Sony di PlayStation

Android 12
Perbesar
Tampilan Android 12 (Foto: Google)

Sekadar informasi, fitur ini agak mirip dengan yang dimiliki Sony pada gim-gim di konsol PlayStation.

Rencananya fitur ini bakal berfungsi pada gim yang menggunakan sistem Play Asset Delivery.

Menurut Google, jika gim menggunakan sistem ini, pengembang gim tak perlu melakukan apa pun untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Diumumkan di Google for Games Developer Summit

Informasi ini muncul sebagai bagian dari Google for Games Developer Summit 2021 yang berlangsung pada 12-13 Juli. Pada acara tersebut, Google juga mengumumkan dasbor gim baru untuk Android.

Dasbor ini memberikan pengguna akses mudah ke utilitas seperti screenshot dan perekaman. "Dasbor akan tersedia di perangkat-perangkat tertentu pada akhir tahun ini," kata Google.

(Tin/Ysl)

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya