Review Vivo V21 5G: Si Tipis Trendi yang Tak Hanya untuk Selfie

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 13 Jul 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 13 Jul 2021, 12:00 WIB
vivo V21 5G
Perbesar
vivo V21 5G

Liputan6.com, Jakarta - Vivo beberapa waktu lalu merilis smartphone 5G barunya di Indonesia, Vivo V21 5G. Menyasar segmen pengguna menengah, perangkat yang mendukung jaringan 5G ini diklaim sudah bisa dipakai untuk menjajal 5G dari operator di Indonesia.

Vivo V21 5G dibanderol seharga Rp 5,7 jutaan di Indonesia. Selain dukungan jaringan 5G, perangkat ini juga didukung RAM yang totalnya mencapai 11GB berkat teknologi ekspansi RAM.

Smartphone ini juga didukung dengan tiga kamera, salah satunya memiliki sensor 64MP. Selain itu juga kamera selfie 44MP dengan teknologi stabilisasi OIS dan EIS. Dengan begitu, hasil rekaman kamera depan dan belakang bisa lebih stabil.

Namun, seperti apa sih pengalaman menggunakan Vivo V21 5G ini? Yuk simak dalam ulasan berikut ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Desain

Vivo V21 5G
Perbesar
layar Vivo V21 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Vivo V21 5G hadir dengan desain tipis yang dinamai ultra slim matte glass. Perangkat ini sempat diklaim sebagai smartphone 5G tertipis di Indonesia, dengan ketebalan 7,29 mm.

Dua tombol ditempatkan di sisi kanan smartphone, yakni volume dan power. Sisi kiri tampak tipis dan clean tanpa adanya tombol.

Vivo V21 5G mengadopsi pengisian daya dengan port USB type C yang ditempatkan di sisi bawah perangkat. Pada kanan kirinya terdapat slot SIM card yang dapat dibuka dengan ejector dan speaker.

Sekadar informasi, slot SIM card Vivo V21 5G mampu memuat dua kartu SIM atau satu kartu SIM dan satu kartu micro SD.

Sementara beralih ke bagian layar, Vivo menggunakan panel AMOLED dengan lebar 6,44 inci dan resolusi full HD+ 90 Hz. Layar Vivo juga sudah didukung HDR10+ sehingga tampilan layar pun lumayan memanjakan mata.

Masih di bagian layar, Vivo V21 5G menghadirkan bezel atau tepian tipis di tiap sisinya. Permukaan layar yang datar juga sudah dilengkapi dengan plastik pelindung layar dalam kemasan.

Pada bodi belakang, Vivo memakai desain dual tone guna membuat kamera menyatu dengan bodi. Alhasil, bodi belakang ini terlihat cukup cantik dan elegan karena tonjolan kamera tidak terlalu tebal.

Meski Vivo menyebut bodi luarnya dilapisi AG Glass Mate yang mampu mengurangi bekas ceplakan jari, berdasarkan penggunaan, ceplakan masih tetap terlihat meski sedikit tersamarkan.

Bodi belakang Vivo V21 5G anti ceplakan tangan (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Performa

Vivo V21 5G
Perbesar
Tampilan waterdrop notch di Vivo V21 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kinerja Vivo V21 5G ditopang oleh chipset 5G MediaTek Dimensity 800U dengan kecepatan hingga 2,4 GHz. Performa perangkat ini juga ditunjang dengan RAM 8GB + 3GB Extended RAM.

Dengan demikian, RAM perangkat bisa mencapai 11GB karena dapat mengambil maksimal 3GB dari memori internal. Perangkat ini dibekali memori internal seluas 128GB untuk menyimpan berbagai jenis file dan dokumen.

Untuk penggunaan sehari-hari, paduan chipset dan RAM di atas sudah mampu memenuhi kebutuhan. Misalnya untuk dipakai ngegim, membuka banyak aplikasi sekaligus, mengakses kamera, hingga bermedia sosial.

Saat dipakai untuk main PUBG Mobile, Vivo V21 5G juga nyaman dipakai baik dari segi desain perangkat yang begitu tipis dengan layar yang lega serta performa gaming-nya.

Untuk main PUBG Mobile, Vivo V21 5G bisa menampilkan grafis maksimal HD dengan frame rate High, baik pada mode Combat atau pun Lobby.

Secara keseluruhan, saat dipakai ngegim, perangkat tidak mengalami lag dan cukup mampu menampilkan grafis yang memanjakan mata.

Main gim di Vivo V21 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Saat diuji benchmark menggunakan AnTuTu benchmark, Vivo V21 5G mampu menorehkan skor lebih dari 366.000 poin.

Hasil pengujian benchmark Vivo V21 5G dengan AnTuTu Benchmark (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Kamera

Vivo V21 5G
Perbesar
Tonjolan kamera di Vivo V21 5G dibuat minim agar tidak mudah tergores (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Vivo V21 5G dibekali tiga kamera utama yakni 64MP, 8MP multi-mode yang digunakan untuk memotret super wide-angle dan bokeh, serta kamera makro 2MP.

Sementara kamera selfie Vivo V21 5G dibekali lensa 44MP. Kedua kamera baik depan maupun belakang sudah didukung teknologi OIS (optical image stabilization) dan EIS (electronic image stabilization).

Dengan begitu hasil rekaman dari kamera depan maupun belakang bisa lebih stabil. Perekaman video di perangkat ini juga hadir dengan fitur unik seperti dual-view video (perekaman kamera depan dan belakang).

Untuk foto, terdapat fitur double exposure yang dapat menggabungkan dua foto berbeda menjadi satu.

Berikut adalah hasil foto-foto menggunakan kamera Vivo V21 5G.

Hasil foto Vivo V21 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Vivo V21 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Vivo V21 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Vivo V21 5G, normal (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Vivo V21 5G, wide angle (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Vivo V21 5G, 64MP (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).Hasil foto Vivo V21 5G, bokeh (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Vivo V21 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Vivo V21 5G, makro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Baterai dan Fitur

Vivo V21 5G
Perbesar
Pengisian daya Vivo V21 5G dengan kabel USB Type C (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Vivo V21 5G dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh yang diklaim mampu dipakai hingga seharian. Perangkat ini juga dibekali teknologi fast charging 33W.

Dengan teknologi tersebut, Vivo V21 5G dapat diisi hingga 63 persen dalam 30 menit. Dari pemakaian, perangkat Vivo V21 5G terisi baterai dari 20-100 persen dalam waktu kurang dari 1 jam.

Berdasarkan pengalaman penggunaan, ketika perangkat dipakai main gim PUBG Mobile selama satu jam, kapasitas daya mulanya 58 persen turun ke 38 persen.

Selain baterai, Vivo V21 5G juga telah dibekali teknologi NFC multifunction untuk mengisi saldo kartu e-money atau bertukar file.

Gaming (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Dari segi software, Vivo V21 5G didukung Funtouch OS 11.1 berbasis Android 11 dengan fitur Jovi Home untuk mendukung aktivitas, UFS 2.2 untuk peforma baca dan tulis data yang lebih cepat, serta Multi Turbo untuk meningkatkan pengalaman gim lebih lancar bagi penggemar mobile gaming.

UI Vivo V21 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Kesimpulan

Vivo V21 5G
Perbesar
Sisi Vivo V21 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Vivo memboyong smartphone 5G terbaru di Indonesia. Meski belum semua orang bisa merasakan jaringan 5G, kehadiran Vivo V21 5G toh tak melulu ditujukan bagi para pengguna 5G, melainkan bisa dipakai untuk semua pengguna, terutama anak muda. 

Mereka yang menginginkan smartphone dengan daya baterai tahan lama, kamera yang mumpuni untuk konten foto dan video bisa memasukkan Vivo V21 5G sebagai pilihan.

Ketimbang smartphone lain, desain Vivo yang sederhana, tipis, namun tetap elegan juga membuatnya punya nilai lebih. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Vivo V21 5G, berdasarkan pengalaman kami:

Kelebihan:

- Hasil kamera baik untuk kebutuhan membuat konten foto maupun video

- Desain tipis, bodi ringan

- Nyaman untuk untuk main gim

Kekurangan:

- Vivo masih mempertahankan desain waterdrop notch alih-alih punch hole yang lebih kekinian

- Hasil foto makro kurang menonjolkan detail

- Banyak aplikasi bawaan yang tidak diperlukan.

(Tin/Ysl)

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya