Sukses

Dr Lois Ditangkap, Percakapan Warganet di Twitter Meningkat Tajam

Sosok Lois Owien ramai dibicarakan warganet di Twitter setelah kabar penangkapan dirinya, ada beberapa kisruh terkait pandangan Dr Lois terhadap Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Warganet ramai membicarakan sosok Dr Lois atau dokter Lois Owien yang mengaku tidak percaya Covid-19. Belakangan, viral video dr Lois yang mengatakan bahwa kematian pasien yang terinfeksi Covid-19 berasal dari komplikasi obat yang diminum.

Senin (12/7/2021), Dr Lois ditangkap Polda Metro Jaya dan kasusnya akan dilimpahkan ke Bareskrim Polri.

Menurut pantauan Tekno Liputan6.com dengan aplikasi Hoaxy, terjadi peningkatan obrolan dengan keyword ‘Dr Lois’ di Twitter.

Warganet mulai riuh sejak pukul 08.30 WIB pagi dan meningkat pesat pada Senin siang hingga 900 obrolan dengan keyword tersebut.

Topik soal Dr Lois kembali meningkat sekitar pukul 16.00 WIB dengan obrolan aktif hampir mencapai 1.000.

Use Hoaxy to see how this spreads online: Dr Lois

Beberapa akun terlihat aktif, di antaranya akun pengacara @muannas_alaidid termasuk yang mengomentari Dr Lois.

“Biar gak terkesan tebang pilih dan ada efek jera mestinya semua penyebar hoax covid di proses hukum semua, siapapun orangnya, jangan hanya dr lois. ini sdh lebih dulu padahal dan kasusnya sudah naik ke sidik segera tetapkan TSK & Tangkap Hadi Pranoto/Anji,” cuitnya.

Akun lainnya yang cukup berpengaruh yakni @akupadi5, @afrkml, @daengmatarang, dan beberapa akun lainnya juga ikut berkomentar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cuitan Warganet

“Dr lois ini berbeda dgn Siti Fadilah or prof nidom dll dokter yg berbeda, dr ini satu2ny yg ga percaya covid19 itu ada, n penjelasan nya spt ilmiah dikalangan awam, tp di kalangan medis dianggap lucu & aneh, coba yg se7 dr lois ngobrol dgn temannya yg dr beneran,” cuit akun @abasyir28.

“Bukannya di gelar pembuktian ilmu ilmiah dari dr lois malah main ciduk,” cuit warganet lainnya @hendri_hero.

“Kan dr awal dijelaskan, penyebab kematian cofid19 itu karena penyakit bawaan. dr. Louis menyakini, secara keilmuan, bahwa kematian tsb, karena kebanyakan diberi minum obat. Pasien ditangani oleh berbagai dr ahli yg memberi obat masing2. Tak ada yg mesinergikan obat yg hrs diminum,” cuit @alisyarief.

 

3 dari 3 halaman

Tak Percaya Covid

Dr Lois Owien ditangkap polisi pada Senin, 12 Juli 2021. Sebelumnya, viral di media sosial terkait pernyataan kontroversial yang menganggap bahwa COVID-19 tidak nyata. 

Heboh mengenai sosok dr Lois atau dokter Lois Owien yang mengaku tidak percaya COVID-19. Hal ini terungkap saat dia menjadi bintang tamu di sebuah acara yang dipandu Hotman Paris dan Melaney Ricardo.

Dalam acara tersebut, Hotman Paris bertanya ke dokter Lois apakah dia percaya Corona atau tidak. "Nggak. Enggak percaya, pak," jawabnya.

Di Twitter pun dokter Lois (@LsOwien) kerap berkicau mengenai hal-hal yang mengarah bahwa COVID-19 bukan disebabkan virus (Virus Corona) dan tidak menular.

Dan, pada Sabtu malam, 9 Juli 2021, melalui akun Twitter @tirta_hudhi, dokter Tirta menyebut bahwa dokter Lois tidak terdaftar di Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dan STR Lois sebagai dokter tidak aktif sejak 2017.

"Terkait ibu @LsOwien, saya sudah minta izin @PBIDI untuk menyampaikan beberapa hal terkait statement beliau," tulis dokter Tirta.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini