Teknologi UV-C Bantu Teater di Belanda Kembali Buka, Siap Hadapi Covid-19

Oleh Iskandar pada 12 Jul 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 12 Jul 2021, 16:00 WIB
Luminer UV-C disinfection upper air
Perbesar
Luminer UV-C disinfection upper air. Dok: Signify

Liputan6.com, Jakarta - Belanda secara bertahap mencabut kebijakan pengetatan terkait Covid-19, termasuk pembukaan kembali tempat-tempat budaya (termasuk teater) untuk masyarakat umum, sambil tetap memperhatikan social distancing.

Dengan memasang luminer UV-C disinfection upper air, kedua teater di Belanda--Royal Theater Carré di pusat kota Amsterdam dan Theater De Ruchte di Someren--menunjukkan bagaimana teknologi itu dapat berkontribusi menyambut kembali tamu mereka di tempat yang lebih aman. 

Signify yang merupakan salah satu penyedia UV-C mengklaim bahwa teknologi ini adalah kunci untuk menyediakan lapis perlindungan ekstra bagi para tamu, pemain, dan karyawan dari virus dan bakteri--selain pedoman yang sudah ada dari Institut Nasional Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan (RIVM).

Pedoman itu mencakup rute pejalan kaki tertentu, jarak sosial, norma baru untuk ventilasi, penggunaan masker wajah di dalam ruangan, dan ketersediaan pembersih tangan. 

Royal Theater Carré memasang sekitar 75 unit luminer Philips UV-C upper air di foyer untuk para pemain dan penonton, ruang ganti, serta di kantornya. 

"Kami sama senangnya dengan para tamu dan pemain bahwa teater bisa dibuka kembali. Bersama dengan tindakan keamanan lainnya, luminer UV-C akan meminimalkan risiko infeksi bagi tamu, pemain, dan kolega kami," kata Manager Sales & Partnerships di Royal Theater Carré, Thomas Groen, melalui keterangannya, Senin (12/7/2021).

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perlindungan Tambahan Setelah Pandemi

Di Theater De Ruchte di Someren, berbagai acara, kongres, dan pertunjukan nantinya akan jauh lebih aman dan lebih kebal Covid-19.

Di sinilah perusahaan instalasi ETB Willem Bos akan memasang sekitar 20 luminer Philips UV-C disinfection upper air di foyer, lorong, dan ruang pertemuan. Teater ini sudah memiliki beberapa luminer UV-C yang dipasang sebagai bagian dari percontohan. 

"Lampu UV-C ini membantu kami menjadi lebih siap untuk masa depan. Kami ingin melakukan segalanya untuk menyambut kembali para tamu, pemain, dan karyawan kami seaman mungkin, hingga pasca Covid-19 nanti,” kata Tim Rijper, General Manager Theater De Ruchte. 

Sementara UV-C Sales Lead di Signify, Frans Konings, mengatakan pihaknya sangat bangga dapat mendukung tempat-tempat budaya untuk membuka kembali pintu mereka dengan aman berkat luminer UV-C.

"Organisasi lain, termasuk restoran, hotel, dan sekolah, tentu saja dapat memperoleh manfaat yang sama besarnya dari luminer UV-C, juga setelah pandemi Covid-19 berlalu," ujarnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengenal Teknologi UV-C

UV-C adalah metode desinfeksi yang sudah terbukti, digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit dengan mendesinfeksi udara, air, dan permukaan.

UV-C memecah DNA atau RNA mikroorganisme termasuk virus dan bakteri, menjadikannya tidak berbahaya. Luminer UV-C disinfection upper air dapat secara terus menerus mendesinfeksi udara meski ada orang di dalam ruangan.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa luminer UV-C disinfection upper air menonaktifkan 99,99 persen SARS-COV-2 di udara di ruangan dalam waktu 10 menit. 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya