Sukses

Samsung Kembangkan Lensa Super Datar, Buat Apa?

Tampil dengan struktur yang datar, Samsung sudah melapisi lensa super datar ini dengan teknologi partikel nano.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar salah satu petinggi Samsung Electro-Mechanics mengatakan, perusahaan saat ini sedang mengembangkan teknologi metalens (super lens, lensa super).

Tampil dengan struktur yang datar, Samsung sudah melapisi lensa barunya ini dengan teknologi partikel nano. Dengan begini, lensa mampu membiaskan cahaya.

Seperti lensa Fresnel--lensa yang sering dipakai di mercu suar, lensa baru milik perusahaan asal Korea Selatan itu lebih akurat dan tipis.

Mengutip Gizchina, Senin (12/7/2021), teknologi ini dapat membuat lensa smartphone lebih tipis dari yang sekarang.

Bila memang Samsung bakal memproduksi massal lensa super ini, maka perusahaan mampu memecahkan banyak masalah vendor smartphone terkait kamera di ponsel.

Dengan lensa lebih tipis, maka perusahaan tidak perlu lagi khawatir harus menggunakan modul kamera yang menonjol keluar dari bodi smartphone.

Pernyataan ini diungkap oleh Lee Shi-woo, Senior Vice President and Director of Corporate Research Institute of Samsung Electronics pada konferensi Nano Korea 2021 di Seoul baru-baru ini.

Menjawab pertanyaan wartawan, dia mengatakan, Samsung sedang melakukan uji coba melapisi lensa dengan partikel nano dan mempertimbangkan untuk menerapkan teknologi ini ke produksi massal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perusahaan yang Juga Kembangkan Lensa Super

Saat ini, perusahaan Tingkok bernama Shenzhen MetalenX Technology Co., Ltd. juga berfokus pada desain, manufaktur, dan penerapan lensa ultra.

Menurut perusahaan, lensa super buatannya siap diproduksi secara massal melalui teknologi chip semikonduktor.

Dijelaskan, lensa super ini memiliki struktur permukaan mikro-nano untuk memodulasi fase cahaya datang untuk menyatu dan gambar.

 

3 dari 3 halaman

Lebih Tipis dari Lensa Tradisional

Seberapa tipis lensa super ini? Disebutkan ketebalan lensa super ini berada di urutan ratusan nanometer hingga mikrometer.

Jadi, ini jauh lebih kecil daripada ketebalan lensa tradisional dalam orde milimeter hingga desimeter dan mampu membantu mengurangi berat badan secara signifikan.

Saat ini, lensa super baru yang diproduksi oleh perusahaan memiliki kemampuan teknologi cahaya inframerah jauh, inframerah dekat, dan cahaya tampak.

Soal pengaplikasian, lensa super ini dapat digunakan dalam elektronik konsumen, pencitraan mikroskopis, pemantauan keamanan, dan bidang lainnya.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.