Google Meet Tambahkan Filter Animasi Baru di iOS dan Android, Sudah Coba?

Oleh Iskandar pada 12 Jul 2021, 13:18 WIB
Diperbarui 12 Jul 2021, 13:25 WIB
Filter Animasi Baru Google Meet
Perbesar
Filter Animasi Baru Google Meet. Dok: Google

Liputan6.com, Jakarta - Google Meet baru saja menambahkan filter video, efek, dan wajah animasi augmented reality (AR) baru di iOS dan Android.

Fitur baru ini diumumkan Google melalui akun Twitter resminya. "Tambahkan kucing, astronot, ubur-ubur, dan lainnya ke panggilan Meet kamu. Filter, topeng, dan efek baru kini tersedia untuk Meet di Android dan iOS. Cobalah hari ini," tulis Google.

Filter animasi baru itu tersedia melalui ikon Sparkle/Effects di kanan bawah layar, yang menampilkan berbagai efek yang mencakup filter warna dan efek wajah (AR) animasi.

Sebagian besar opsi hanya tersedia untuk akun Gmail pribadi, sementara pengguna Workspace atau untuk urusan profesional, pilihannya terbatas seperti opsi latar belakang buram dan virtual. Demikian sebagaimana dilansir The Verge, Senin (12/7/2021).

Filter baru Google Meet itu sebenarnya mirip dengan apa yang sudah tersedia untuk layanan obrolan video Duo Google yang berfokus pada konsumen.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Filter dan Animasi Baru Google Meet yang Bikin Video Conference Makin Hidup

Google Meet
Perbesar
Ilustrasi Google Meet (Doc. Google)

Google kembali menggulirkan pembaruan untuk aplikasi Meet di Android dan iOS. Lewat pembaruan ini, Google menambahkan fitur untuk menghadirkan pengalaman video conference yang lebih menyenangkan.

Seperti dikutip dari Engadget, Jumat (9/7/2021), kini Google Meet memungkinkan pengguna memakai filter atau animasi saat melakukan panggilan video. Jadi, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat panggilan video yang lebih kaya.

"Tambahkan kucing, astronot, ubur-ubur dan banyak lagi di panggilan Meet-mu. Filter, topeng, dan efek baru kini tersedia di Meet untuk Android dan iOS," tulis Google melalui akun Twitternya.

Stiker maupun animasi baru ini dapat diakses melalui menu Effects yang ada di bagian bawah layar saat melakukan panggilan Google Meet. Lalu pengguna akan menemukan opsi styles dan filters, selain blur effect maupun background.

Untuk opsi styles, pengguna dapat memberikan efek suar warna saat melakukan panggilan. Sementara dengan filter, pengguna dapat menempelkan topeng atau aksesoris virtual saat menelpon via Google Meet.

Saat ini, kedua fitur tersebut sudah mulai bergulir dan dapat digunakan. Tidak hanya akses melalui aplikasi Google Meet, kedua fitur ini tersedia pula melakukan meeting melalui Gmail.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Google Meet Tambah Efek Animasi di Fitur Hand Raise

Ilustrasi Google Meet
Perbesar
Ilustrasi Google Meet. Kredit: Google

Sebelumnya, Google juga mengumumkan sejumlah peningkatan di layanan video conference mereka, yakni Google Meet.

Adapun fitur Hand Raise di Google Meet tersebut akan hadir dengan efek animasi yang baru, dan sebagai update berkelanjutan di layanan Workspace.

Mengutip 9to5Google via The Verge, Jumat (18/6/2021), pengguna juga akan mendapati suara notifikasi yang berbeda, dan penyesuaian bagaimana host tahu bila ada peserta yang menggunakan fitur hand raise.

Meski update-an tersebut terbilang minor, bagi orang yang sering menggunakan layanan video conference dalam grup besar atau menghadiri webinar, peningkatan di Google Meet ini sangat membantu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Update Lengkap

Google Meet
Perbesar
Fitur anyar yang ada di Google Meet untuk dukung kelas jarak jauh. (Doc. Google)

Lebih lanjut, berikut ini adalah rincian update fitur yang Google luncurkan untuk para pengguna Workspace.

- Ikon visual dan animasi fitur Hand Raise di-update dan ditingkatkan saat tampil di title video.

- Video peserta yang menggunakan fitur hands raising akan otomatis pindah agar lebih terlihat oleh host.

- Ada suara notifikasi kepada seluruh peserta sesi video conference ketika seseorang menggunakan hands raising paling pertama.

- Muncul notifikasi yang dapat diklik untuk melihat jumlah peserta yang mengangkat tangan beserta urutannya.

- Tampilan animasi fitur hands raising akan menghilang secara otomatis ketika peserta selesai berbicara.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya