Sukses

Super Mario 64 Terjual Rp 21,7 Miliar, Jadi Game Termahal di Dunia

Game klasik Super Mario 64 yang masih dalam kondisi disegel dan mendapatkan peringkat Wata 9,8 A++ terjual dengan harga USD 1,560,000 atau seharga RP 21,7 miliar

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, game lawas The Legend of Zelda untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES) terjual dengan harga fantastis, yakni Rp 12,6 miliar dalam sebuah acara lelang.

Dengan harga tersebut, wajar bilamana banyak pihak menyebutkan game lawas yang dirilis pada 1997 tersebut akan menjadi game termahal di dunia.

Selang beberapa hari terjual di badan lelang Heritage Auction, sebuah game lawas lainnya berhasil melampaui harga jual The Legend of Zelda.

Adalah game klasik Super Mario 64 yang masih dalam kondisi disegel, baru saja terjual dengan harga USD 1,560,000 atau seharga RP 21,7 miliar di Heritage Auction pada 11 Juli 2021 kemarin.

Dikutip dari IGN, Senin (12/7/2021), game Super Mario 64 tersebut mengantongi peringkat Wata 9.8 A++.

Menurut Wata, "serifikasi atau peringkat tersebut mengungkap nilai sebenarnya dari harga game itu. Tak hanya itu, serifikasi Wata akan memberikan kepercayaan penuh kepada pembeli dan penjual saat bertransaksi."

"kami tidak bisa berkata banyak untuk game Super Mario 64 ini," demikian kata juru bicara Heritage Auctions. "Apa yang membuat Super Mario 64 ini terjual dengan harga mahal? Kondisi yang masih tersegel dan game pertama maskot Nintendo--Mario--dengan grafis 3D adalah faktor kenapa game ini menjadi perhatian kolektor."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

The Legend of Zelda Terjual Rp 12,6 Miliar dalam Lelang

Game The Legend of Zelda langka dilelang seharga Rp 1,5 miliar. (Doc: Heritage Auctions)

Game lawas The Legend of Zelda yang baru-baru ini dilelang akhirnya resmi terjual. Sesuai prediksi sebelumnya, kartrid lawas yang masih dalam kondisi tersegel ini menjadi video game paling mahal yang pernah terjual dalam lelang.

Dikutip dari Polygon, Senin (12/7/2021), game The Legend of Zelda ini diketahui berhasil terjual dengan harga USD 870 ribu atau sekitar Rp 12,6 miliar. Harga ini mengalahkan salinan game lawas Super Mario Bros. yang terjual USD 660 ribu atau sekitar Rp 9,56 miliar pada April 2021.

Banderol harga yang tinggi dari game The Legend of Zelda ini memang bukannya tanpa alasan. Sebab, game ini memang diketahui masih dalam kondisi tersegel rapih dan mendapatkan rating 9.0 A dari Wata.

3 dari 3 halaman

Gim Super Mario Bros Lawas Dilelang Rp 4,5 Miliar

Super Mario Bros. (Doc: Nintendo)

Sebelumnya, kaset gim jadul Super Mario Bros yang masih disegel dan dinilai kembali muncul dalam acara lelang yang diadakan oleh Heritage Auctions.

Berbeda dari kopian gim Super Mario Bros yang juga dilelang dan terjual seharga Rp 1,4 miliar di Heritage tahun lalu, kaset ini dibanderol dengan harga yang fantastis. Berapa?

Mengutip Gamerant, Jumat (26/3/2021) gim lawas Super Mario Bros ini dilelang seharga USD 310.000 atau sekitar Rp 4,5 miliar.

Adapun gim lawas Super Mario Bros ini telah dinilai oleh Wata, perusahaan penilaian resmi dan terkenal di dunia yang memberikan skor 9.6--nyaris 10 untuk skor sempurna.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini