Gandeng Asus, Qualcomm Luncurkan Smartphone Edisi Khusus untuk Snapdragon Insiders

Oleh Agustinus Mario Damar pada 09 Jul 2021, 12:45 WIB
Diperbarui 09 Jul 2021, 12:45 WIB
Qualcomm
Perbesar
Smartphone edisi khusus hasil kerja sama Qualcomm dan Asus. (Ist.)

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja mengumumkan kehadiran smartphone yang ditujukan untuk para Snapdragon Insiders hasil kerja sama dengan Asus. Perangkat bernama Smartphone for Snapdragon Insiders by Asus ini diumumkan dalam event Snapdragon Insiders.

Untuk diketahui, Snapdragon Insiders merupakan komunitas yang dibentuk sebagai wadah para tech enthusiast, kreator konten, dan ahli Snapdragon berinteraksi dengan para Snapdragon Fans.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (9/7/2021), smartphone edisi khusus ini dipersenjatai Snapdragon 888. Dalam paket penjualan, smartphone ini dilengkapi earphone premium dari Master & Dynamic, adapter Quick Charge 5, kabel data, dan casing.

Smartphone ini memiliki layar AMOLED berukuran 6,78 inci dengan refresh rate 144Hz. Performa Smartphone for Snapdragon Insiders by Asus ini ditunjang dengan RAM 16GB dan memori internal 512GB.

Perangkat ini dibekali dengan stereo speaker ditambah dengan empat mikrofon HDR dengan jangkauan dinamis 114 dB. Kemampuan audio smartphone ini mendapat skor keseluruhan 77 dari DXOMark Audio dan menjadikannya masuk dalam smartphone dengan skor terbaik.

Beralih ke fotografi, smartphone ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP, lensa ultrawide 12MP, dan lensa telephoto 8MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 24MP.

Smartphone for Snapdragon Insiders ini akan tersedia secara komersil di beberapa negara pada Agustus 2021. Namun belum ada informasi apakah Indonesia akan menjadi salah satu negara yang mendapatkan smartphone ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 888 Plus, Seberapa Kencang Performanya?

Qualcomm
Perbesar
Qualcomm baru saja memperkenalkan Snapdragon 888 Plus. (Ist.)

Di sisi lain, Qualcomm baru saja mengumumkan kehadiran Snapdragon 888 Plus. Sesuai namanya, chipset ini merupakan penerus Snapdragon 888 yang menawarkan peningkatan performa.

"Flagship terbaru kami, Snapdragon 888 Plus 5G Mobile Platfrom akan membantu menghasilkan hiburan, konektivitas, dan pengalaman gaming premium yang patut didapatkan pengguna," tutur SVP and GM Mobile Handset Business Qualcomm, Christopher Patrick dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (29/6/2021).

Dibandingkan pendahulunya yang memiliki clock speed 2,84GHz, Snapdragon 888 Plus hadir dengan CPU 680 Prime yang memiliki clock speed 2.995GHz atau 3.0GHZ.

Selain itu, chipset ini hadir dengan AI Engine generasi keenam yang memiliki kinerja AI sebesar 32 TOPS atau ada peningkatan kinerja lebih dari 20 persen.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kehadiran Smartphone dengan Snapdragon 888 Plus

Perangkat komersial yang akan menggunakan Snapdragon 888 Plus direncanakan hadir pada kuartal ketiga 2021. Namun memang belum ada informasi jadwal pasti mengenai kehadiran perangkat tersebut.

Untuk saat ini, beberapa vendor yang diketahui akan memakai Snapdragon 888 Plus adalah Asus, Honor, Motorola, Vivo, dan Xiaomi. Hanya model perangkat yang akan menggunakan chipset ini belum diungkap.

Sebagai informasi, kehadiran Snapdragon 888 Plus memang sudah diketahui beberapa pekan lalu. Qualcomm diketahui terbiasa meluncurkan varian Plus beberapa bulan setelah varian utamanya diperkenalkan.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya