Sukses

Galaxy S21 FE Masuki Masa Produksi Meski Belum ada Tanggal Perilisan?

Galaxy S21 FE dikabarkan tengah memasuki masa produksi meski hingga kini belum diketahui kapan waktu perilisannya.

Liputan6.com, Jakarta - Media Korea Selatan menyebut Samsung mulai memproduksi Galaxy S21 FE. Perangkat ini sebelumnya diperkirakan akan dirilis pada Agustus mendatang, bersamaan dengan smartphone layar lipat, smartwatch, dan earbuds terbaru Samsung.

Namun berdasarkan bocoran yang beredar, rupanya peluncuran Galaxy S21 FE ditunda karena kurangnya persediaan chipset di seluruh dunia.

Menurut laporan yang sama, kekurangan chipset global diperparah dengan adanya perusahaan Tiongkok seperti Oppo, Vivo, dan Xiaomi yang melakukan penimbunan komponen.

Kondisi kelangkaan chipset juga makin parah dengan meningkatkan penyebaran virus corona di Vietnam, yang merupakan salah satu pabrikan smartphone terbesar di dunia.

Mengutip GSM Arena, Jumat (9/7/2021), hal ini pun berpengaruh pada permintaan chipset, dan pada gilirannya juga mempengaruhi pemanfaatan untuk application processor (AP) dan chip penggerak layar (DDI).

Karena masalah kelangkaan chipset masih berlanjut, laporan yang sama mengabarkan, sejumlah unit Galaxy S21 FE akan dibekali chipset Exynos milik Samsung.

Selain itu, ada pula sejumlah unit Galaxy S21 FE yang akan didukung chipset Snapdragon 888.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produksi 1,1 Juta Unit Galaxy S21 FE

Menurut laporan, Samsung hanya akan memproduksi 1,1 juta unit Galaxy S21 FE. Dilaporkan pula, secara keseluruhan Samsung menargetkan untuk menjual 6 juta unit smartphone Galaxy S21 FE pada tahun ini.

Sumber yang sama mengatakan, Galaxy S21 FE akan dirilis antara September dan Oktober 2021. Pada kesempatan lainnya, leaker Max Jambor ragu akan hal ini.

Pasalnya sebelumnya Galaxy S21 FE dikabarkan akan rilis pada Juni 2021, namun ada juga laporan yang mengungkap perangkat ini bakal rilis pada kuartal keempat 2021.

Dengan kondisi saat ini, laporan lain menyebut bahwa Galaxy S21 FE hanya akan dirilis di pasar Amerika Serikat dan Eropa.

 

3 dari 3 halaman

Bocoran Harga dan Fitur Galaxy S21 FE

Galaxy S21 FE sendiri diperkirakan akan dibanderol sekitar 700.000-800.000 Won/ USD 630- USD 700 (sekitar Rp 9 - 10,1 juta) di Korea Selatan.

Harganya agak lebih rendah dibandingkan Galaxy S20 FE yang rilis sebelumnya.

Sekadar informasi, Galaxy S21 FE digadang-gadang lahir dengan layar 6,4 inci OLED dengan refresh rate 120Hz.

Perangkat ini juga dikabarkan memiliki tiga kamera utama, dukungan baterai 4.370mAh dan pengisian daya cepat 45W.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini