Sukses

Usai Cerai, Melinda French Gates Akan Tinggalkan Yayasan Amal Bill Gates?

Setelah bercerai, kemungkinan Melinda French Gates bakal meninggalkan yayasan amalnya, Bill and Melinda Gates Foundation.

Liputan6.com, Jakarta - Melinda French Gates (yang dikenal sebagai Melinda Gates) dan Bill Gates belum lama ini mengumumkan rencana mereka setelah berpisah.

Hal terbesar yang jadi pertanyaan banyak orang adalah bagaimana keduanya akan melanjutkan pekerjaan bersama di lembaga amalnya, Bill and Melinda Gates Foundation.

Terbaru, pernyataan dari Bill and Melinda Gates Foundation mengungkap, Melinda Gates mungkin akan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Co-chair dan wali yayasan.

Pengunduran diri Melinda akan dilakukan jika dirinya atau Bill Gates memutuskan bahwa mereka tidak bisa bekerja sama selama dua tahun ke depan. Sayangnya, tidak jelas mengenai bagaimana lembaga amal ini akan menetapkan jangka waktu dua tahun yang dimaksud.

Mengutip The Verge, Kamis (8/7/2021), CEO Bill and Melinda Gates Foundation, Mark Suzman, mengumumkan, dua tahun pascaperceraian dengan komitmen tambahan sebesar USD 15 miliar dari Melinda dan Bill Gates. Dana tersebut digulirkan untuk memerangi kemiskinan, penyakit, dan ketidaksetaraan.

Suzman juga menuliskan, Melinda dan Bill telah memutuskan untuk memperluas jumlah wali dari yayasan.

"Wali tambahan akan membawa perspektif baru, membantu memandu alokasi sumber daya dan arah strategis, serta memastikan stabilitas dan keberlanjutan yayasan," kata Suzman dalam pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melinda Akan Terima Dana Pribadi dari Bill Gates

Dalam pernyataan lembaga, Melinda dan Bill disebut akan tetap berkomitmen penuh untuk bekerja sama secara konstruktif di yayasan.

"Tetapi jika Melinda mengundurkan diri setelah dua tahun, Melinda akan tetap memberi (sumbangan) dengan namanya sendiri," kata Suzman.

Lebih lanjut pernyataan lembaga juga mengatakan, Melinda akan menerima sumber daya pribadi dari Bill Gates untuk pekerjaan filantropisnya.

"Sumber daya ini akan sepenuhnya terpisah dari dana pribadi yayasan, sehingga (dana yayasan) tidak akan terpengaruh," katanya.

Dana yang diberikan Bill Gates kepada Melinda belum diketahui jumlahnya. Namun, mengingat kekayaan pribadi Melinda yang bertambah cukup signifikan, pekerjaan filantropis penulis buku The Moment of Lift itu mungkin tidak banyak terhambat.

3 dari 3 halaman

Kerja Amal Bill dan Melinda Gates

Sekadar informasi, Melinda dan Bill Gates sudah lama mengundurkan diri dari posisi mereka di Microsoft. Namun, keduanya terus memberi dampak besar pada dunia melalui The Bill and Melinda Gates Foundation.

Belum lama ini, Bill and Melinda Gates Foundation juga memfokuskan diri dalam upaya menangani pandemi Covid-19. Yayasan menyumbangkan USD 250 juta untuk pengembangan vaksin dan perawatan lainnya di 2020.

Kemudian, pada Juni 2021, Bill and Melinda Gates Foundation juga berkomitmen sebesar USD 2,1 miliar selama lima tahun ke depan untuk pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan kepemimpinan kaum perempuan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.