Sukses

Seberapa Tahan Smartphone Kamu Terhadap Air? Yuk, Cek Lewat Aplikasi Ini

Water Resistance Tester memanfaatkan sensor barometrik smartphone untuk menguji ketahanan air.

Liputan6.com, Jakarta - Peringkat ketahanan air dari smartphone yang dimiliki kini menjadi satu perhatian khusus. Bagi pengguna Android, ternyata ada aplikasi yang mengklaim bisa mendeteksi tingkat ketahanan air smartphone.

Adalah Water Resistance Tester yang dikembangkan oleh Ray W. Aplikasi ini akan mendeteksi apakah segel kedap air yang ada di perangkat masih utuh atau tidak.

Pengembang Ray W menggunakan data dari sensor tekanan barometrik yang kini ada di sebagian besar smartphone flagship sebagai bantuan untuk penentuan lokasi vertikal.

Teknologi itu diklaim akan membantu mendeteksi segel Ingress Protection (IP), apakah masih dalam keadaan baik atau tidak.

IP diketahui digunakan untuk menentukan tingkat efektivitas penyegelan sambungan listrik terhadap benda asing, seperti debu atau air.

Mengutip Android Police, Jumat (9/7/2021), skor IP tersebut yang menentukan apakah perangkat smartphone tahan air atau tidak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Aplikasi

Setelah membuka aplikasi, pengguna tidak diperbolehkan menyentuh perangkat untuk sementara. Itu memunculkan beragam angka dari tiga kategori: Average Pressure, Standard Deviation, dan Current Pressure.

Lalu pengguna diminta untuk menekan dua titik di layar. Dengan mengukur perbedaan tekanan, dikatakan dapat mengetahui apakah segel IP masih dapat diandalkan atau tidak.

Perbedaan waktu dalam tekanan itu dapat membantu pengujian, dengan tingkat akurasi yang bervariasi, apakah segel perlindungan yang terpasang pada ponsel dengan peringkat IP masih utuh.

Ini akan bekerja pada ponsel apa pun dengan peringkat IP, dan dapat beradaptasi dengan perubahan fisik, misalnya melakukan tes ketika port kartu SIM dicopot.

Aplikasi itu juga akan menampilkan hasil yang berbeda meski sebelumnya telah ada hasil yang menunjukkan kondisi baik di perangkat tersebut.

3 dari 3 halaman

Tak Berikan Jaminan

Pun demikian, Ray W sebagai pengembang tidak memberikan jaminan keakuratan dalam aplikasi.

Namun, beberapa pengguna yang memberikan ulasannya di Google Play Store mengatakan aplikasi ini berfungsi dengan baik. Ditemukan, bahwa ponsel tanpa peringkat IP pabrikan memberikan hasil negatif.

Selain itu, ponsel yang telah mengalami perbaikan layar, meski memiliki standar IP pabrikan, hasilnya menunjukkan kalau segel tidak lagi berlaku.

Water Resistance Tester ini bisa diunduh di Google Play Store secara gratis. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1.000 pengguna Android.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.