3 Tren Foto Portrait di Kalangan Milenial

Oleh Iskandar pada 08 Jul 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 08 Jul 2021, 08:00 WIB
Pameran Leonardo Da Vinci
Perbesar
Awak media melihat lukisan "Portrait of a Musician" karya Leonardo Da Vinci di museum Louvre, Paris, Selasa (22/10/2019). Ada 160 karya dalam pameran 500 tahun wafatnya Leonardo da Vinci yang diharap dapat menarik setengah juta pengunjung saat ditutup pada 24 Februari 2020. (AP/Thibault Camus)

Liputan6.com, Jakarta - Foto portrait atau fotografi potret menjadi salah satu jenis fotografi yang menantang kreativitas fotografer.

Mereka dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan subjek foto guna melahirkan gambar berbeda di setiap jepretan sekaligus membuat potret yang unik.

Foto portrait biasanya mengandalkan orang sebagai subjek utama foto. Mimik, raut muka, atau emosi yang terpancar dari subjek akan menentukan foto terlihat lebih hidup dan menarik.

Untuk mendukung tren fotografi portrait, para produsen smartphone pun berlomba-lomba menyediakan fitur portrait di perangkatnya.

Fitur tersebut diklaim memudahkan para pehobi fotografi portrait, terutama kalangan milenial untuk berkarya menghasilkan foto diri yang simpel sekaligus energik di setiap aktivitasnya.

Salah satu produsen smartphone yang memiliki fitur foto portrait adalah OPPO, dengan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada kameranya. Kehadiran fitur tersebut membantu pengguna menghasilkan foto portrait sempurna hanya dengan perangkat genggam.

Berikut tiga foto portrait yang menurut OPPO tegah nge-tren di kalangan milenial.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Portrait Klasik

Foto portrait karya Nicoline Patricia dengan OPPO Reno4
Perbesar
Foto portrait karya Nicoline Patricia dengan OPPO Reno4

Potret bertema klasik dihasilkan dengan menggunakan perangkat OPPO Reno4 yang diambil oleh Nicoline Patricia dan hasilnya berupa foto mirip dengan lukisan.

Jika kamu ingin mencoba di rumah, maka cukup ambil kursi sebagai penyangga dan pastikan subjek berdiri pada sudut 45 derajat dari kamera.

Namun, kamu perlu memadupadankan unsur pakaian dan aksesori serta elemen-elemen pendukung seperti bunga, backdrop, dan pencahayan yang tepat. Dengan menggunakan fitur portrait di perangkat OPPO, kamu bisa menghasilkan foto portrait layaknya di studio foto.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Color Portrait

Foto portrait bidikan Raja Siregar dengan OPPO Reno4 Series
Perbesar
Foto portrait bidikan Raja Siregar dengan OPPO Reno4 Series

Akhir-akhir ini tren fotografi portrait yang berkembang mengarah ke pemakaian warna yang mencolok alias ngejreng. Tren ini bisa dilakukan dengan mengandalkan fitur di OPPO Reno4 series, AI Color Portrait.

Fitur ini akan menghasilkan foto dengan latar belakang gambar menjadi hitam-putih, sedangkan subjek orang tampil sesuai dengan warna aslinya.

Sebagai contoh foto di atas yang dihasilkan oleh Raja Siregar. Uniknya, fitur ini dapat digunakan saat memotret atau merekam video sehingga membuat pengguna OPPO akan semakin kreatif berkarya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Foto Portrait Luar Ruang

Karya foto portrait dari Victor Tjaja dengan OPPO Reno5
Perbesar
Karya foto portrait dari Victor Tjaja dengan OPPO Reno5

Dibandingkan pemotretan di studio atau indoor, gaya pemotretan di luar ruang akan menghasilkan foto yang terlihat lebih alami. Potret semacam ini cenderung menyajikan hasil yang lebih indah, apalagi foto yang dilakukan secara candid atau diam-diam.

Fotografer bebas bereksperimen dengan latar yang berbeda dan pose berbeda, seperti pada jepretan Victor Tjaja, yang membuat gambar tampak sangat berwarna.

Foto ini diambil dengan perangkat OPPO Reno5 yang memiliki kamera dengan peningkatan OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System. Sistem ini mampu meningkatkan kualitas foto portrait dengan subjek manusia dan video sebagai latar belakang.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya