Sukses

Gandeng eFishery, Kredivo Salurkan Kredit untuk UMKM Sektor Agribisnis Perikanan

Kredivo bermitra dengan eFishery, menghadirkan layanan kredit untuk UMKM sektor agribisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Platform kredit digital Kredivo bekerja sama dengan eFishery, perusahaan aquaculture intelligence pertama di Indonesia. Dengan kerja sama ini, Kredivo bisa memperluas akses kredit terutama bagi kalangan underserved dan masyarakat marginal.

Sementara bagi eFishery, kerja sama ini jadi salah satu solusi memecahkan masalah yang lebih besar di sektor akuakultur secara terintegrasi dari hulu ke hilir, terutama masalah permodalan.

Melalui kerja sama ini, Kredivo akan terhubung dengan fitur Kabayan (Kasih, Bayar Nanti) yang merupakan salah satu fitur eFisheryFund.

Fitur ini memungkinkan para pembudidaya melakukan pembelian beragam keperluan budidaya atau produk-produk eFishery, seperti pakan ikan berbagai merek melalui layanan eFisheryFund dengan pembayaran berkala.

Dengan menjadi salah satu mitra eFishery, Kredivo bisa memberi fasilitas pinjaman langsung kepada pembudidaya lewat fitur Kabayan.

CEO Kredivo Indonesia Umang Rustagi mengatakan, sektor agribisnis seperti perikanan perlu mendapat akses layanan keuangan yang mudah, cepat dan terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wujudkan Visi Layani 10 Juta Pengguna

"Kurangnya histori dan data transaksi keuangan bagi pembudidaya menyebabkan mereka sulit mengakses layanan keuangan konvensional, terlebih di masa pandemi," kata Umang, dikutip dari keterangan resmi Kredivo, Rabu (7/7/2021).

Dia mengatakan, kerja sama dengan eFishery merupakan solusi dan salah satu cara mewujudkan visi melayani 10 juta pengguna di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Sementara itu, CEO dan Co-founder eFishery Gibran Huzaifah berharap eFishery dapat menjadi lokomotif dalam mengakselerasi Indonesia menjadi produsen akuakultur nomor 1 di dunia. Salah satu caranya dengan memberikan akses permodalan kepada pembudi daya.

3 dari 3 halaman

eFishery Bantu Tingkatkan Produktivitas Pembudidaya

"Hingga Mei 2021, eFishery bekerja sama dengan berbagai institusi finansial dengan total pembiayaan disetujui lebih dari Rp 11 miliar. Pinjaman disalurkan kepada 1.700 pembudidaya ikan di Indonesia," katanya.

Gibran berharap, kerja sama dengan Kredivo dapat menggandakan dampak yang diberikan melalui dukungan finansial pada ribuan pembudidaya.

Dengan akses pembiayaan, Gibran berharap pembudidaya bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih luas, meningkatkan kesejahteraan, dan menjadikan industri perikanan lebih produktif.

"Melalui data dan teknologi milik eFishery dan pengalaman Kredivo menyalurkan kredit, kami optimistis kerja sama ini bisa menjadi jawaban dari tantangan-tantangan yang dihadapi ribuan pembudidaya Indonesia dan mendorong produktivitas di masa pandemi," kata Umang.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.