Sukses

Cara Konsultasi dan Dapat Obat Gratis via Aplikasi Telemedicine untuk Pasien Isoman Covid-19

Cara berkonsultasi dan mendapatkan obat gratis melalui aplikasi telemedicine bagi pasien isolasi mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyiapkan layanan konsultasi medis online (telemedicine) untuk pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Dengan layanan telemedicine dari 11 platform, pemerintah bertujuan untuk mengurangi beban tenaga kesehatan dan rumah sakit.

Adapun ke-11 platform dan aplikasi telemedicine yang bekerja sama dalam memberikan layanan konsultasi dan obat gratis bagi pasien isolasi mandiri adalah:

1. Alodokter

2. GetWell

3. Good Doctor

4. Halodoc

5. KlikDokter

6. KlinikGo

7. LinkSehat

8. Milvik Dokter

9. ProSehat

10. SehatQ

11. YesDok

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Berkonsultasi dan Dapat Obat

Lalu, bagaimana cara berkonsultasi dan mendapatkan obat gratis bagi pasien isolasi mandiri?

1. kamu bisa memilih satu dari 11 aplikasi di atas. Misalnya aplikasi Halodoc.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Halodoc melalui toko aplikasi Google Play Store atau App Store untuk iOS. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui laman Halodoc.

2. Buka aplikasi Halodoc, kemudian pada bagian Peduli Covid, pilih "Konsultasi Dokter", di situ kamu bisa memilih dokter.

Pengguna akan diarahkan untuk berkonsultasi dengan dokter pilihan melalui ruang obrolan (chat). Di situ dokter akan memberikan diagnosis mengenai kondisi pasien.

3 dari 3 halaman

Resep Dokter

3. Layaknya konsultasi tatap muka dengan dokter, pasien dapat bertanya mengenai kiat saat isolasi mandiri di rumah hingga obat-obatan atau vitamin apa yang pelu dikonsumsi.

4. Setelah konsultasi, dokter akan memberikan resep obat sesuai dengan kondisi pasien.

Resep ini nantinya bisa digunakan untuk membuat permintaan pemesanan obat atau dokter yang akan merujuk resep obat tersebut ke pihak pelayanan kesehatan.

Dengan begitu, pasien hanya perlu menunggu obat diantar ke rumah, dengan gratis.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.