XL Axiata Perluas Jangkauan 4G hingga 92 Persen Desa di Lampung

Oleh Yuslianson pada 05 Jul 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 05 Jul 2021, 07:30 WIB
Teknisi sedang bekerja di atas tower BTS (Base Transceiver Station) XL Axiata yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Wanea, Kota Manado, Mei 2021.
Perbesar
Teknisi sedang bekerja di atas tower BTS (Base Transceiver Station) XL Axiata yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Wanea, Kota Manado, Mei 2021. Dok: XL Axiata

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata (XL Axiata) terus memperluas jaringan data di seluruh wilayah layanan, termasuk Provinsi Lampung seiring dengan tumbuhnya trafik dan jumlah pelanggan.

Saat ini jaringan 4G milik perusahaan telah menjangkau sekitar 92 persen desa yang ada di seluruh provinsi tersebut, atau 2.431 desa dari total 2.653 desa, yang berada di 205 kecamatan.

Adapun perluasan 4G milik XL Axiata itu masih terus berlanjut, dan saat ini sedang dalam proses pembangunan jaringan di wilayah Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Tanggamus.

“Trafik penggunaan layanan kami terus tumbuh seiring dengan bertambahnya pelanggan," ucap Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, dalam keterangannya, Senin (5/7/2021).

Dia menambahkan, saat ini jaringan sudah semakin luas hingga ke pelosok pedesaan, serta meningkatnya kualitas jaringan yang mampu menghadirkan kenyamanan pelanggan.

Diketahui, saat ini seluruh wilayah Lampung, jaringan XL Axiata diperkuat lebih dari 3.300 BTS, termasuk di antaranya lebih dari 1.400 BTS 4G.

"Jumlah BTS ini akan terus bertambah seiring dengan perluasan jaringan yang terus berlangsung, termasuk ke area-area baru yang sebelumnya belum terjangkau layanan seluler.”

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Peningkatan Kualitas Jaringan Data

Selain perluasan, XL Axiata juga melakukan peningkatan kualitas jaringan data di semua kota/kabupaten mengingat pertumbuhan trafik yang cukup signifikan setiap tahunnya.

Peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan, antara lain pada RAN dan transport untuk memperbesar kapasitas jaringan sehingga layanan yang diterima oleh pelanggan menjadi lebih baik.

Beberapa wilayah yang sudah mendapatkan peningkatan kualitas jaringan antara lain Tanggamus, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Barat, dan Lampung Utara.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

XL Axiata Perluas Jangkauan Jaringan

Sementara itu untuk peningkatan jangkauan, XL Axiata juga telah melakukan perluasan jaringan data berkualitas hingga ke pelosok pedesaan.

Adapun area tersebut, antara lain di wilayah Kecamatan Hulusungkai, Kabupaten Lampung Utara, serta Kecamatan Bulok di Kabupaten Tanggamus.

Sejak Juli 2020, masyarakat sejumlah desa di kedua kecamatan tersebut bisa menikmati jaringan 4G XL Axiata.

(Ysl/Tin)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya