Sukses

Tiga Manfaat Besar Bermain Game di Smartphone

Di samping banyaknya kategori yang ditawarkan, ada sederet manfaat dari bermain game di smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone telah jadi perangkat multi-fungsi sejak awal pelucurannya. Itu juga termasuk dalam penggunaan smartphone untuk bermain game.

Ada banyak game yang bisa dimainkan melalui smartphone, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Tak sedikit pula kategori game yang ditawarkan, seperti arcade, puzzle, kasual, simulasi, aksi, trivia, role-playing, hingga strategi.

Di samping banyaknya kategori yang ditawarkan, ada sederet manfaat dari bermain game mobile tersebut.

Berikut ini dirangkum tiga di antaranya, seperti dikutip dari The Tech Block, Selasa (6/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terhubung dengan Orang Lain

Dari banyaknya game online yang dimainkan dari berbagai merek smartphone, manfaat yang didapatkan adalah terhubungan dengan pemain lain.

Ini secara langsung akan melatih bagaimana seseorang bersosialisasi sekali pun dalam game. Kamu bisa bermain dengan orang yang dikenal secara pribadi, atau berkenalan dengan orang lain di dalam game.

Dalam melatih aspek sosial, kebanyakan game online bahkan melatih pemainnya untuk saling berbagi.

Misalnya, berbagi item yang ditemukan dalam game adventure. Atau saling jaga dalam mode tim di game role-play FPS.

Terhubung dengan orang lain juga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi seseorang. Karena, semakin beragam player yang ditemui, semakin banyak hal baru yang didapatkan.

3 dari 4 halaman

Memperluas Pengetahuan

Pada game dengan jenis Trivia atau teka-teki secara tidak langsung menambahkan pengetahuan baru.

Misalnya, seperti game populer Hangaroo, atau teka-teki silang yang banyak tersedia gratis, pemain akan diminta berpikir lebih luas untuk menjawab pertanyaan yang disuguhkan sistem.

Selain itu, ada beberapa game juga yang memberikan insight baru mengenai fakta-fakta yang terjadi di sekitar ketika mencapai level tertentu.

Permainan logika juga melatih kemampuan pemain untuk berpikir lebih tenang untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapinya.

Pada genre Trivia, kamu akan diminta untuk memecahkan masalah, di situ jadi letak latihan di mana pemain diminta untuk berpikir out-of-the-box.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Fokus dan Ketenangan

Manfaat ini khususnya pada permainan dengan genre strategi yang dimainkan. Game strategi tidak hanya meminta pemain untuk menentukan arah, tapi juga bagaimana menyusun rencana agar bisa mencapai kemenangan.

Misalnya, pada game Clash of Clans yang populer, pemain harus mampu mengatur berapa banyak pasukan yang dibutuhkan, hingga seberapa kuat pertahanan yang dimiliki untuk mengantisipasi serangan balik dari lawan.

Atau game serupa yang mengharuskan pemain menahan layar dalam waktu tertentu untuk mengatur karakter dalam game.

Dengan demikian, itu juga secara langsung akan melatih kemampuan dalam menentukan pilihan yang ditemukan di kehidupan nyata. Pemain akan terbiasa berpikir dua atau tiga langkah ke depan. Layaknya permainan catur.

Selain itu, dengan fokus untuk memenangkan game, pemain akan merasa lebih lega atau lebih baik dari sebelumnya. Ini memberikan efek positif bagi tubuh.

Dalam mencapai ketenangan atau bahagia dari game, juga tergantung pada game yang kamu sukai untuk memainkannya. Tak jarang ada pemain yang hanya bermain satu game tanpa berganti, namun ada pula pemain yang lebih suka eksplor banyak game untuk menemukan kebahagiannya.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini