Sukses

Euforia MWC 2021 di Tengah Pandemi

Sempat absen tahun lalu karena pandemi Covid-19, MWC 2021 kembali digelar secara langsung (offline) dan online pada 28 Juni hingga 1 Juli 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran teknologi mobile terbesar di dunia, Mobile World Congress (MWC) 2021, kembali digelar pada tahun ini secara langsung.

Sempat absen tahun lalu karena pandemi Covid-19, GSMA (Global System for Mobile Communications Association), selaku penyelenggara menggelar pameran tahunan ini pada 28 Juni hingga 1 Juli 2021.

Seorang pria melihat kebun hijau vertikal di pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). MWC 2021 berlangsung mulai 28 Juni sampai 1 Juli secara virtual, dan offline. (AFP/Pau Barrena)

“Jelas ada perbedaan yang sangat besar dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Mats Granryd, direktur jenderal Global System for Mobile Communications Association (GSMA), kepada Reuters.

"Acara ini akan jauh lebih kecil, jauh lebih aman dari perspektif kesehatan dan keselamatan."

Seorang wanita menggunakan ponselnya di pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). MWC dianggap sebagai salah satu dari tiga acara teratas di dunia. (AFP/Pau Barrena)

Karena digelar secara langsung, sejumlah protokol kesehatan pun harus dipenuhi oleh para peserta atau pengunjung MWC 2021 di Grand Fira Barcelona, Spanyol tersebut.

Penyelenggara mempersyaratkan hadirin untuk membawa hasil negatif tes Covid-19, pakai masker wajah KN95 FFP2, dan lencana digital untuk pelacakan kontak saat hadir.

Seorang wanita menggunakan ponselnya di pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). MWC 2021 menargetkan 35 ribu pengunjung pada tahun ini. (AFP/Pau Barrena)

Terlepas dari berbagai protokol kesehatan, perusahaan seperti Google, Ericsson, Nokia, Intel, Sony dan Qualcomm memutuskan untuk tidak datang tahun ini. Samsung sendiri memutuskan untuk mengadakan peluncuran perangkatnya secara virtual.

Salah satu perangkat paling inovatif di MWC 2021 adalah NXTWEAR G TCL. Ini merupakan teknologi layar yang dapat dikenakan dan memungkinkan pengguna menikmati konten melalui layar 140 inci, yang diproyeksikan langsung ke matanya.

Orang-orang mengunjungi pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). MWC 2021 berlangsung mulai 28 Juni sampai 1 Juli secara virtual, dan offline. (AFP/Pau Barrena)

Perusahaan lain yang pamer perangkat teknologi baru di ajang MWC 2021 adalah Lenovo dan Qualcomm. Pada acara tahun ini, Lenovo mengumumkan Yoga Tab 13, Yoga Tab 11, Yoga Tab P11 Plus, dan Smart Clock 2.

Sementara itu, Qualcomm akhirnya secara resmi mengungkap kehadiran prosesor tercepat di pasaran saat ini, yaitu Snapdragon 888+. Perusahaan menyebutkan, Snapdragon 888+ ini memiliki kecepatan CPU hingga 2.996GHz--sementara SD 888 hanya 2.84GHz. 

Seorang wanita mencoba kacamata virtual reality di stan Orange selama pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). (AFP/Pau Barrena)

Bagi peserta yang hadir secara online, mereka berkesempatan untuk bergabung dengan tur pameran secara virtual yang dipimpin oleh pakar industri teknologi.

Sedangkan yang hadir secara langsung di lokasi, mereka dapat mengunjungi berbagai booth menarik, seperti milik ZTE, Xiaomi, LG, dan lainnya yang memamerkan inovasi teknologi mereka masing-masing.

 

Lalu bagaimana dengan MWC 2022? Berkaca dari gelaran acara tahun ini, bukan hal yang tidak mungkin tahun depan acara ini akan diadakan secara online atau offline.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini