Sukses

ShopeePay Hadirkan Pembayaran Berbasis QRIS di Perjalanan Kereta Api

ShopeePay mengumumkan telah menghadirkan pembayaran digital QRIS di delapan perjalanan kerata api Argo.

Liputan6.com, Jakarta - ShopeePay mengumumkan telah bekerja sama dengan KAI Service, salah satu anak perusahaan PT KAI. Lewat kerja sama ini, layanan ShopeePay dapat digunakan di delapan kereta api kelas Argo yang terintegrasi dengan QRIS dan akan terus dikembangkan di kereta lainnya.

Kerja sama ini sekaligus menjadi salah satu langkah strategis perluasan digitalisasi dan modernisasi di berbagai sektor layanan transportasi kereta api, termasuk on-board services. Karenanya, seluruh penumpang kereta api kini dapat melakukan transaksi pada kereta makan menggunakan ShopeePay sekaligus menikmati promosi yang ditawarkan.

"ShopeePay sangat senang dapat menjadi mitra terpercaya KAI Services untuk menghadirkan kemudahan transaksi yang terintegrasi dengan ekosistem QRIS di dalam kereta api," tutur Head of Strategic Merchant Acquistion ShopeePay, Eka Nilam Dari, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (2/7/2021).

Lebih lanjut Eka menuturkan, hal ini juga selaras dengan komitmen ShopeePay untuk menyediakan use case penting bagi seluruh pengguna. Jadi, dengan transaksi nirkontak yang dihadirkan, seluruh penumpang kereta api dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman.

Untuk fase awal ini, fasilitas pembayaran ShopeePay digunakan di delapan kelas Argo, yakni Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Argo Parahyangan, Argo Cheribon, Argo Muria, Argo Sindoro, Argo Lawu, dan Argo Dwipangga.

"Tidak hanya praktis dan memudahkan, penyediaan pembayaran digital ShopeePay dengan metode QRIS juga merupakan salah satu upaya strategis memperketat disiplin protokol kesehatan di dalam kereta api guna menciptakan kondisi perjalanan yang aman," tutur Vice President Sales on Train KAI Services, Eva Junia Kartika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna SnackVideo Bisa Tarik Saldo Tunai ke Akun ShopeePay

Sebelumnya, ShopeePay bekerja sama dengan platform video pendek SnackVideo. Dengan kerja sama, pengguna dan kreator SnackVideo bisa menarik saldo tunai yang terkumpul ke akun ShopeePay.

Berdasarkan laporan Digital 2021 dari We Are Social dan HootSuite, 98,5 persen pengguna internet di Indonesia mengkonsumsi video online tiap bulan.

ShopeePay melihat, hal ini sebagai indikasi besarnya peluang masyarakat Indonesia yang didominasi Gen Z untuk mendapatkan penghasilan dari sektor industri kreatir ini.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari mengatakan, kerja sama dengan SnackVideo merupakan sebuah sinergi antara dua layanan yang dekat dengan keseharian Gen Z, yaitu digital payment dan digital entertainment.

"Hal ini juga membuktikan adanya kesempatan kolaborasi dan integrasi yang tidak terbatas antara layanan pembayaran digital dengan platform digital lain, bahkan yang berskala global," kata Eka Nilam, dalam keterangan ShopeePay, Kamis (1/7/2021).

Ia berharap, kolaborasi ShopeePay dan SnackVideo dapat memudahkan Gen Z untuk mendapatkan pendapatan dari hobi mereka membuat dan menonton video online.

3 dari 3 halaman

Realisasikan Hobi

Head of Business Operations SnackVideo, Yugo Prabowo mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir, ada peningkatan ketertarikan Gen Z untuk menjadikan hobi mereka membuat dan mengakses video sebagai pendapatan.

"Di sisi lain, kami memiliki kesamaan pandangan dengan ShopeePay untuk menyebarkan manfaat positif dari layanan digital ke lebih banyak orang. Oleh karena itu, kami berharap kerja sama ini bisa memberikan manfaat untuk generasi muda dan juga industri kreatif di Indonesia," katanya.

Sebagai bagian dari kerja sama, pengguna SnackVideo akan mendapatkan bonus 500 koin untuk penarikan cash dengan ShopeePay di periode 28 Juni - 4 Juli 2021. Untuk mendapatkan bonus koin, pengguna hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.