Microsoft Ubah Tampilan Blue Screen of Death di Windows 11

Oleh Yuslianson pada 02 Jul 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 02 Jul 2021, 10:00 WIB
Windows 11
Perbesar
Windows 11. (Doc: Microsoft)

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengungkap Windows 11 pada 25 Juni 2021. Dalam acara peluncuran yang digelar secara online, perusahaan memperlihatkan seperti apa tampilan dan fitur baru yang akan hadir di Windows 11.

Dari berbagai hal baru yang diumumkan, Microsoft ternyata juga melakukan perubahan terhadap tampilan Blue Screen of Death (BSOD) di penerus Windows 10.

BSOD sendiri adalah kondisi ketika PC tiba-tiba hang dan layar berubah menjadi biru diiringi muncul pesan eror.

Dilansir The Verge, Jumat (2/7/2021), Microsoft akan mengubah tampilan layar biru yang identik itu menjadi warna hitam atau Black Screen of Death--masih BSOD--di Windows 11.

Black Screen of Death di Windows 11. (Doc: The Verge)

Perubahan warna ini akan tampak lebih serasi dengan layar logon dan shutdown hitam yang baru di Windows 11.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Microsoft Lakukan Perubahan Besar di Windows 11

Windows 11. Dok: Microsoft

Walau sebatas berganti warna, ini merupakan perubahan besar pertama pada BSOD sejak Microsoft menambahkan "wajah sedih" ke layar di Windows 8 pada 2012, dan kode QR pada 2016.

Diketahui, Microsoft pertama kali memperkenalkan BSOD di Windows 3.0 sebagai cara bagi profesional TI untuk mendiagnosis masalah di hardware dan kesalahan memori.

BSOD adalah kesalahan kernel atau pemeriksaan bug Windows sendiri, dan biasanya mencakup kumpulan data yang dapat membantu administrator sistem menganalisis kesalahan sistem apa yang menyebabkan layar biru.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ini Bocoran Lengkap Kehadiran Windows 11

Tampilan baru Widgets yang bisa diatur sesuai dengan selera pengguna. Mencakup informasi cuaca, berita terkini, dan kalender. (Microsoft)

Microsoft mengumumkan kehadiran Windows 11 ke publik, tapi perusahaan belum mengungkap secara pasti kapan penerus Windows 10 ini meluncur. Microsoft hanya menyebut sistem operasi ini akan hadir pada musim gugur tahun 2021.

Namun baru-baru ini, ada sejumlah bocoran yang menandakan kemungkinan jadwal rilis Windows 11. Dikutip dari The Verge, Selasa (29/6/2021), Microsoft memberikan sedikit petunjuk mengenai kemungkinan jadwal kehadiran sistem operasi ini.

Berdasarkan tangkapan layar dari beberapa konten pemasaran Windows 11, waktu di tangkapan layar itu menunjukkan 20 Oktober 2021 pukul 11:11. Dengan informasi tersebut, banyak pihak menduga Windows 11 akan meluncur pada 20 Oktober 2021.

Informasi soal kehadiran sistem operasi baru ini juga dikuatkan dengan promosi yang muncul di Walmart. Sejumlah laptop yang ditawarkan di Walmart mendapatkan keterangan 'upgrade gratis ke Windows 11 ketika tersedia di Oktober 2021'.

(Ysl/Tin)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya