Sukses

WhatsApp Uji Coba Fitur Hapus Foto Otomatis

WhatsApp diketahui tengah menguji coba yang memungkinkan foto atau video terhapus otomatis setelah dibuka penerimanya.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp diketahui tengah menguji coba fitur baru yang diberi nama view once untuk penguji beta di platform Android.

Berdasarkan laporan WABetaInfo, fitur baru WhatsApp ini memiliki kemampuan menghapus video atau foto secara otomatis setelah dilihat oleh penerimanya.

Namun seperti dikutip dari Engadget, Kamis (1/7/2021), fitur view once sedikit berbeda dari fitur disappearing message yang sudah ada di WhatsApp.

Bila fitur disappearing messages akan otomatis menghilang setelah tujuh hari, sedangkan fitur view once membuat foto atau video akan terhapus otomatis begitu penerima membukanya.

Nantinya, pengirim pesan di WhatsApp akan menerima notifikasi apabila foto atau video tersebut sudah dilihat oleh penerima.

Notifikasi ini juga akan tetap diberikan pada pengirim, meski fitur read receipts dimatikan dan tidak ada informasi waktu gambar itu dibuka penerima.

WhatsApp juga tidak akan memberikan notifikasi apabila penerima gambar atau video ternyata mengambil screenshot dari media tersebut.

Fitur ini dapat pula dipakai di group chat dan informasi mengenai siapa saja yang sudah melihatnya ada di Message Info. Kendati demikian, informasi mengenai kapan fitur ini rilis belum diketahui.

Untuk informasi, WhatsApp bukan aplikasi pertama di keluarga Facebook yang menerapkan mode ephemeral semacam ini. Sebelumnya, mode ini sudah diterapkan di Messenger dan Instagram. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Perkenalkan Fitur Pencarian Stiker

Di sisi lain, menurut WABetaInfo, beta terbaru WhatsApp (versi 2.21.120.9) memungkinkan pengguna untuk mencari stiker. Artinya, jika ada stiker atau jenis stiker tertentu yang kamu cari, kamu dapat mencarinya.

Saat kamu mengetik kata atau emoji tertentu yang mencerminkan salah satu stiker di perpustakaan stiker, WhatsApp akan menampilkan tombol stiker, untuk memberi tahu bahwa stiker telah ditemukan.

Perlu dicatat bahwa ini hanya berfungsi pada stiker WhatsApp bawaan yang disertakan dalam aplikasi. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Kamis (17/6/2021).

Ada kemungkinan fitur ini tidak berfungsi untuk stiker pihak ketiga atau stiker yang kamu buat sendiri.

3 dari 3 halaman

WhatsApp Akan Bisa Digunakan hingga Empat Perangkat, Kapan?

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan akan mendukung akses multi-perangkat yang memungkinkan pengguna mengakses akun yang sama di empat perangkat berbeda. Fitur itu akan hadir sementara dalam versi beta beberapa bulan ke depan.

Selain dukungan akses multi-perangkat, CEO Facebook, Mark Zuckerberg dalam wawancara bersama WABetaInfo mengatakan kalau WhatsApp juga menambahkan fitur ‘view once’.

Fitur itu memungkinkan pengguna mengirim pesan yang bisa menghilang setelah dilihat.

Layanan ini juga memperluas fitur disappearing messages, yang saat ini memungkinkan pesan dihapus setelah jangka waktu tertentu. Di masa mendatang, "disappearing mode" baru akan memungkinkan pengguna mengaktifkan pengaturannya di semua obrolan.

Mengutip The Verge, Sabtu (12/6/2021), ia menambahkan dukungan multi-perangkat pada WhatsApp tidak akan memengaruhi enkripsi end-to-end terkait keamanan pesan yang dikirim.

"Ini merupakan tantangan teknis yang besar untuk membuat semua pesan WhatsApp dan konten kamu disinkronkan dengan benar di seluruh perangkat, bahkan ketika baterai ponsel kamu mati, tetapi kami telah menyelesaikan ini dan kami berharap untuk segera menyelesaikannya," tulis Mark Zuckerberg.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini