Sukses

Tak Cuma Influencer, Kamu Juga Segera Bisa Berbagi Link di Instagram Stories

Sebelumnya, ada syarat seperti jumlah minimal followers agar pengguna bisa menyematkan link di stories.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram disebut-sebut tengah menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna menyematkan link di stories bagi siapa pun. Sebelumnya, untuk menyematkan link di Instagram Stories, pengguna perlu memiliki minimal 10 ribu followers.

Namun, tampaknya cara kerjanya akan sedikit berbeda dengan ‘swipe up’ yang digunakan oleh para influencer. Sebagai gantinya, itu dikatakan berbentuk stiker, sehingga pengguna lain yang mengetuk stiker tersebut akan diarahkan ke link yang disematkan.

Kepala Produk Instagram, Vishal Shah, mengatakan kepada The Verge bahwa mereka sedang dalam tahap pengujian untuk mempelajari bagaimana orang menggunakan tautan di aplikasi.

Mereka akan mencari jenis tautan yang paling banyak diposkan orang, termasuk apakah tautan tersebut digunakan untuk menyebarkan informasi yang salah.

“Itu adalah sistem masa depan yang ingin kami capai, dan itulah yang kami harapkan untuk diluncurkan, jika kami dapat membuat ini berhasil,” katanya seperti dilansir Gizmodo, Rabu (30/6/2021).

Kendati demikian, fitur ini kemungkinan akan tetap terbatas pada Instagram Stories.

Meski begitu, belum ada keterangan kapan fitur ini dirilis ke publik. Sejauh ini masih dilakukan pengujian oleh sebagian kecil pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengejar TikTok

Fitur yang segera diluncurkan Instagram ini tampaknya sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan dari TikTok.

Pekan lalu, TikTok mengumumkan fitur baru. Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan aplikasi mini bernama Jump ke dalam video kreasinya.

Misalnya, ketika seorang kreator membuat video tutorial memasak, mereka dapat menautkan link ke aplikasi resep Whisk.

Dengan begitu, para penonton bisa melihat resep dari masakan tersebut di dalam aplikasi TikTok, hanya dengan mengklik tombol.

Mengutip The Verge, Selasa (22/6/2021), kini fitur baru TikTok tersebut tengah diuji coba.

Baru segelintir kreator yang memiliki kemampuan menautkan Jump ke video mereka. TikTok mengatakan, fitur barunya akan digulirkan setelah pengujian lebih lanjut.

Ketika menonton sebuah video dengan Jump, penonton akan bisa melihat sebuah tombol yang ada di dasar layar. Ketika diklik, penonton bisa membuka konten di Jump dalam satu layar baru di dalam TikTok.

3 dari 3 halaman

Uji Coba Unggah Konten dari Desktop

Pekan lalu, Instagram ketahuan tengah menguji coba untuk posting konten dari Instagram versi Desktop.

Konsultan media sosial Matt Navarra memberikan beberapa screenshot terkait kemampuan untuk mem-posting konten dari browser desktop.

Mengutip Bloomberg via The Verge, Jumat (25/6/2021), Facebook mengonfirmasi uji coba tersebut.

"Kami tahu bahwa banyak orang mengakses Instagram dari komputer mereka. Untuk meningkatkan pengalaman itu, kami sekarang menguji kemampuan untuk membuat kiriman Feed di Instagram dengan browser desktop mereka," kata juru bicara Christine Pai.

Menemukan kabar tersebut, Tekno Liputan6.com mencoba menelusuri kemampuan fitur terbaru Instagram ini.

Sesuai dengan yang ditemukan Matt Navarra, ikon yang befungsi untuk menambahkan posting-an ada di sisi kanan atas. Berada sejajar dengan ikon Home, Direct Messages, Explore, Notification, dan Profile.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini