Sukses

Balifiber Perluas Titik Akses Internet Gratis JakWiFi di Jakarta

Saat ini, persebaran JakWiFi telah menjangkau 5.000 titik di kawasan padat penduduk di Jakarta dan masih terus bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Balifiber meluncurkan program JakWiFi bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Upaya ini dilakukan sebagai salah satu upaya memperluas akses internet dan meningkatkan infrastruktur di Indonesia.

JakWiFi merupakan program internet gratis khusus warga DKI Jakarta. Program ini mengacu pada Pergub Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasaan Permukiman Terpadu.

Pembangunan infrastruktur JakWiFi ini dilakukan dengan kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta secara bertahap melalui program CSR maupun penggunaan dana APBD.

Saat ini, persebaran JakWiFi telah menjangkau 5.000 titik di kawasan padat penduduk di Jakarta dan masih terus bertambah.

Sesuai instruksi Pergub, program JakWiFi dibangun di lokasi padat warga guna mendukung UMKM dan pembelajaran jarak jauh. Dalam program ini, Balifiber menggunakan infrastruktur fiber optic guna menjaga kualitas internet tetap stabil.

Selain mempermudah masyarakat DKI Jakarta mengakses internet, JakWiFi diharapkan mampu meningkatkan ekonomi dan kreativitas masyarakat DKI Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Ketua APJII

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Jamalul Izza, mengatakan JakWiFi ke depannya diharapkan mampu meningkatkan ekonomi digital masyarakat DKI.

"Karena seharusnya JakWiFi bisa digunakan untuk hal-hal positif untuk masyarakat, agar warga DKI Jakarta bisa lebih kreatif dan memunculkan ide-ide kreatif," kata Jamalul, dalam keterangan Balifiber yang diterima Tekno Liputan6.com, Minggu (27/6/2021).

Jamalul mengingatkan agar pengguna tidak hanya jadi pengguna tetapi diharapkan memunculkan pembuat konten yang positif. "(Internet) Jangan digunakan untuk hal-hal yang negatif," kata Jamalul, memberikan pesan.

Ia juga menyampaikan, dengan hadirnya JakWiFi dapat dilakukan seminar-seminar atau literasi kepada warga DKI Jakarta untuk menggunakan program ini secara positif, terutama di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Jamalul berharap, JakWiFi tak hanya jadi program CSR tetapi masyarakat bisa menikmati internet dengan nyaman.

"Nyamannya dari konektivitas cepat dan terpenting, dengan adanya program JakWiFi, Balifiber sudah ikut mencerdaskan anak-anak bangsa," kata Jamalul.

3 dari 3 halaman

Cara Cek Titik Akses Internet JakWiFi

Lantas, wilayah mana saja yang kebagian akses internet gratis dari JakWiFi, begini cara ceknya.

1. Unduh aplikasi JAKI

2. Cari pilihan Persebaran Layanan WiFi. Pengguna saat ini dapat melihat pilihan tersebut pada bagian atas aplikasi.

3. Setelah memilih, aplikasi akan menampilkan peta Jakarta.

4. Tunggu beberapa saat karena aplikasi membutuhkan waktu untuk menampilkan titik-titik akses internet.

5. Setelah titik akses muncul, pengguna dapat langsung melakukan pencarian wilayah titik akses yang ingin diketahui.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini