Sukses

Google Search Akan Peringatkan Pengguna Jika Hasil Pencarian Kurang Bisa Diandalkan

Google akan memberikan peringatan ke pengguna jika hasil pencarian dari suatu keyword kurang bisa diandalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Google akan memberitahukan ke pengguna jika hasil pencarian berubah dengan cepat, terkait dengan berita utama. Kini, beberapa pencarian akan memunculkan peringatan berupa "Sepertinya hasil ini berubah dengan cepat."

Selain itu, subjudul akan menjelaskan "Jika topik ini baru, terkadang perlu waktu agar hasil ditambahkan oleh sumber yang dapat dipercaya."

Dalam unggahan blognya, Google menyarankan, pengguna bisa memeriksa kembali ketika menemukan lebih banyak hasil pencarian.

Sejauh ini, pemberitahuan tersebut muncul pada hasil pencarian berbahasa Inggris yang berbasis di AS. Google menyebut, akan memperluas tools ini ke pasar lain dalam beberapa bulan mendatang.

"Meskipun Google Search akan selalu memberikan hasil paling berguna, terkadang informasi terpercaya yang kamu  cari belum online," kata perusahaan, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Sabtu (26/6/2021).

Google juga menyebut, pemberitahuan dari Google berlaku untuk berita terkini atau topik-topik yang tengah berkembang. Menurut Google, ketika berita masih berkembang, mungkin hasil informasi yang dipublikasikan bukanlah yang paling bisa diandalkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sedikit Berita dari Media

Tools milik Google ini pertama kali dilaporkan oleh Recode, berdasarkan informasi cuitan dari peneliti Stanford Internet Observatory Renee DiResta. Contoh screenshot di layar pencarian Google menampilkan kueri "ufo bisa terbang dengan kecepatan 106mph."

Referensi ini muncul ketika pengguna mencari tentang penampakan UFO pada 2016 di Wales. Saat itu, hasil pencarian yang muncul belum menyertakan peringatan.

"Seseorang telah merilis video laporan polisi ini di Wales dan hanya memiliki sedikit liputan media. Masih belum banyak yang mengetahui tentang informasi ini," kata Google Search Public Liaison Danny Sullivan kepada Recode.

Sullivan pun mengatakan, ada banyak orang yang mencari tentang UFO dan topik ini mulai jadi tren. Selain contoh tersebut, Google juga secara tak sengaja memperlihatkan informasi yang salah setelah peristiwa penembakan massal.

3 dari 3 halaman

Tak Langsung Hilangkan Kabar Tak Akurat

Sekadar informasi, laporan resmi awal seringkali tidak akurat dan terdapat kesalahan pada informasi yang dihimpun. Hal ini pun membuat hasil pencarian masih sedikit dan bisa dengan mudah dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kendati demikian, peringatan dari Google ini tidak akan langsung menghentikan kemunculan konten buruk. Sejauh ini juga tidak ada penjelasan resmi terkait bagaimana Google menentukan sumber mana yang akan ditampilkan pada hasil pencarian.

Google meyakini, langkahnya memberi peringatan kepada pengguna dapat menghilangkan beberapa legitimasi palsu terkait bagaimana Google menyajikan hasil pencarian di bagian atas yang mungkin belum bisa diandalkan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini