Sukses

Instagram Ketahuan Uji Coba Unggah Konten dari Desktop

Instagram ketahuan tengah menguji fitur baru yang ditambahkan ke aplikasi versi browser web atau desktop.

Liputan6.com, Jakarta - Platform media sosial berbasis foto dan video, Instagram, ketahuan tengah menguji fitur baru yang ditambahkan ke aplikasi versi browser web atau desktop.

Konsultan media sosial Matt Navarra memberikan beberapa screenshot terkait kemampuan untuk mem-posting konten dari browser desktop.

Seperti diketahui, sebelumnya, Instagram hanya memungkinkan pengguna melihat feed atau explore dari versi browser desktop-nya.

Mengutip Bloomberg via The Verge, Jumat (25/6/2021), Facebook mengonfirmasi uji coba tersebut.

"Kami tahu bahwa banyak orang mengakses Instagram dari komputer mereka. Untuk meningkatkan pengalaman itu, kami sekarang menguji kemampuan untuk membuat kiriman Feed di Instagram dengan browser desktop mereka," kata juru bicara Christine Pai.

Menemukan kabar tersebut, Tekno Liputan6.com mencoba menelusuri kemampuan fitur terbaru Instagram ini.

Sesuai dengan yang ditemukan Matt Navarra, ikon yang befungsi untuk menambahkan posting-an ada di sisi kanan atas. Berada sejajar dengan ikon Home, Direct Messages, Explore, Notification, dan Profile.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Posting dari Browser Desktop

Kami mencoba untuk membuat satu postingan dari browser laptop.

Itu menampilkan dialog box berukuran besar yang memungkinkan pengguna untuk menggeser foto atau video sebagai bahan posting.

Setelah memilih foto dari penyimpanan internal, kamu bisa memilih aspek rasio gambar, mulai dari ukuran asli, Square (1:1), Portrait (4:5), dan Landscape (16:9).

3 dari 4 halaman

Langkah Selanjutnya

Setelah menekan tombol Next di sisi kanan bawah, kamu bisa memilih Filter dan Edit.

Pada opsi Edit, kamu dapat mengatur kecerahan, kontrans, saturasi warna, temperatur, bayangan, hingga vignete.

Pada langkah terakhir, kamu bisa menandai teman kamu dan menuliskan caption sesuai selera.

Sebagai informasi, fitur ini belum ditemukan oleh semua pengguna. Jika kamu salah satunya, bisa jadi fungsi baru ini akan hadir dalam beberapa waktu ke depan.

4 dari 4 halaman

Fitur Baru Instagram

Sebelumnya, selain menghadirkan fitur Music lyrics, Instagram juga membawa Reels untuk pengguna di Indonesia.

Fitur mirip TikTok ini memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek dengan memanfaatkan kreativitasnya.

“Hari ini kami secara resmi membawa Reels ke pengguna Indonesia. Ini cara baru menemukan video pendek yang menghibur di Instagram,” kata Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/6/2021).

Menurut pantauan Tekno Liputan6.com, fitur Instagram Reels hadir dengan sedikit mengubah tampilan muka Instagram.

Ada tambahan ikon khas Reels di tengah-tengah tab Home, Explore, Store, dan Profile menggantikan ikon yang berguna untuk menambahkan konten ke Feeds.

Sementara, ikon tersebut pindah ke sisi atas disamping ikon Notification dan Direct Messages.

Lydian juga mengajak pengguna Instagram untuk membuat konten Reels dan menggunakan hashtag #TampildiReels sebagai kampanye kreatif dari pengguna di Indonesia.

“[Ini] awal dari perjalanan kami, kami juga mengajak pengguna ikut pakai hashtag #tampildireels dan  berkreasi sekreatif mungkin dan menghibur di Instagram,” tuturnya.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini