Sukses

Begini Cara Mudah Cek Tombol Keyboard Bermasalah

Walau terbilang efektif, ada cara lain untuk mengidentifikasi kerusakan pada keyboard.

Liputan6.com, Jakarta - Keyboard menjadi salah satu perangkat penunjang kenyamanan mengetik. Sampai-sampai, banyak orang yang tidak segan untuk membeli keyboard tambahan agar merasa nyaman saat mengetik di laptop.

Namun, karena terlalu sering dipakai dengan sembarangan dan tidak dibersihkan dengan baik terkadang membuat keybord eror.

Jika terjadi masalah seperti tidak muncul huruf ketika tombol ditekan, kita seringkali mencoba mengetik di Microsoft Word menggunakan keyboard tersebut.

Walau terbilang efektif, ada cara lain untuk mengidentifikasi kerusakan pada keyboard. Mengutip forum Passmark, Sabtu (19/6/2021) begini cara mengecek kerusakan pada keyboard.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unduh Aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi KeyboardTest. Setelah di download dan terinstal di PC, kamu bisa langsung buka apliksi tersebut.

Saat dibuka, akan tampil gambar keyboard virtual dan mouse di layar PC atau laptop. Setelah itu, kamu bisa mencoba menekan semua tombol di keyboard secara bergantian.

Saat ditekan, tampilan keyboard dan mouse virtual tersebut akan berubah warna. Hijau berarti tombol berfungsi sempurna, sedangkan merah menandakan tombol tidak berfungsi.

 

3 dari 3 halaman

Masih Tidak Sempurna

Berdasarkan pengalaman tim Tekno Liputan6.com saat memakai software ini, kami merasa ada sedikit delay ketika menekan tombol keyboard dengan perubahan warna yang terjadi.

Namun, informasi yang ditampilkan dalam aplikasi cukup mudah dimengerti. 

Selain warna hijau dan merah sebagai penanda, software ini juga menampilkan warna lainnya. Seperti kuning untuk kategori tombol yang tak bisa di tes, dan biru untuk identifikasi kesalahan pada tombol.

Tanda lainnya, hijau tua untuk tombol dengan kurang penekanan. Sedangkan ungu menujukkan tombol ditekan terlalu keras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.