Sukses

Cara Mudah Melihat Password WiFi di Smartphone

Bagaimana bila kamu lupa dan ingin terkoneksi dengan jaringan WiFi menggunakan perangkat laln atau berbagi ke teman, tetapi lupa kata kuncinya?

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang memakai smartphone Android, kamu pasti sudah terhubung dengan berbagai titik WiFi di berbagai tempat. Entah itu di kantor, kafe, tempat makan, hingga co-working space.

Setiap kali datang ketempat-tempat yang menyediakan koneksi WiFi tersebut, kamu harus mengetikkan password agar terhubung dengan internet.

Nah, saat pertama kali mengetikkan password WiFi di lokasi tersebut, perangkat Android kamu akan secara otomatis menyimpan kata kunci itu.

Dengan ini, kamu tidak perlu lagi mengetiikan password yang sama ketika kembali berkunjung ke tempat tersebut.

Akan tetapi, bagaimana bila kamu lupa dan ingin terkoneksi dengan jaringan WiFi tersebut menggunakan perangkat laln atau berbagi ke teman, tetapi lupa kata kuncinya?

Gampang banget kok. Bagi kamu yang menggunakan perangkat Android 10 atau lebih baru, kamu dapat langsung melihat password WiFi yang terhubung dengan sangat mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Share WiFi via QR Code

ilustrasi modem wifi | pexels.com/@burst

Mengutip OnlineTechTips, Minggu (19/6/2021), kamu hanya perlu masuk ke Settings > Connection > WiFi--akan berbeda tergantung UI bawaan smartphone.

Setelah itu, klik WiFi > klik nama WiFi yang ingin di share > tekan ikon roda di samping nama WiFi > tap tombol QR Code.

Nanti kamu akan melihat tampilan QR Code, dan bisa bagikan password tersebut ke teman kamu atau hubungkan ke perangkat lainnya.

3 dari 3 halaman

Langkah Selanjutnya

Selanjutnya, kamu memerlukan aplikasi pemindai QR Code yang bisa didapatkan di Play Store. Misalnya, Trend Micro QR Code atau bisa memindai kode tersebut menggunakan Google Lens yang tersedia langsung di browser Chrome.

Buka aplikasi tersebut, lalu ketuk pilihan di sisi kiri bawah untuk membuka QR Code yang tersimpan di galeri ponsel.

Sistem aplikasi secara otomatis akan mengungkapkan deskripsi dari koneksi tersebut, termasuk password. Posisinya ada setelah tulisan ‘WPA;P:’ dan sebelum ‘;H:false;;’

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini