Facebook Segera Rilis Fitur Podcast Pada 22 Juni 2021

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 18 Jun 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 09:00 WIB
Ilustrasi Facebook
Perbesar
Ilustrasi Facebook. Dok: theverge.com

Liputan6.com, Jakarta - Facebook berencana untuk merilis produk podcast-nya pada 22 Juni mendatang. Fitur podcast ini memungkinkan pendengar untuk membuat klip dari berbagai tayangan favorit mereka.

Menurut email yang dikirimkan ke pemilik halaman podcast, podcaster dapat menautkan feed RSS acara mereka ke Facebook. Selanjutnya, Facebook akan secara otomatis menghasilkan unggahan di News Feed berisi semua episode podcast yang diterbitkan nantinya.

Sebelumnya, Facebook mengkonfirmasi sejumlah pemilik halaman akan mendapatkan akses terbatas pada podcast.

Kendati demikian, Facebook masih terus mengirimkan email ke pemilik halaman lainnya, memperlihatkan perusahaan memang akan meluncurkan fitur podcast ini secara luas.

"Facebook akan menjadi tempat di mana orang dapat menikmati, berdiskusi, dan berbagi podcast yang mereka sukai satu sama lain," kata Facebook, kepada The Verge, dikutip Tekno Liputan6.com, Jumat (18/6/2021).

Podcaster yang mempublikasikan karyanya di platform juga memiliki opsi untuk menyetujui persyaratan layanan podcast Facebook.

Persyaratan layanan podcast Facebook ini merupakan perjanjian standar dan saat ini belum memiliki batasan jelas mengenai apa yang bisa dilakukan Facebook terhadap podcast yang didistribusikan via platformnya.

Klip, Rangkuman Singkat tentang Podcast yang Didengar

Facebook
Perbesar
Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Seiring podcast bisa didistribusikan melalui Facebook, nantinya podcaster dapat memutukan apakah akan mengaktifkan klip atau tidak.

Klip merupakan ringkasan podcast favorit yang dapat bisa dibuat oleh pendengar. Durasi ringkasan podcast ini maksimal satu menit.

Dengan klip, sebenarnya pendengar membantu meningkatkan visibilitas dan keterlibatanvdari pengguna Facebook lainnya, atas sebuah podcast.

Sekadar informasi, klip berdurasi pendek telah menjadi cara bagi streamer Twitch untuk berbagi cuplikan konten mereka. Kemungkinan, Facebook menerapkan ide serupa untuk meningkatkan jangkauan fitur podcastnya.

Bisa Jadi Bisnis Iklan Terbaru Facebook

Facebook.  Joshua Hoehne/Unsplash
Perbesar
Facebook. Joshua Hoehne/Unsplash

Setelah foto dan video, Facebook memang tampaknya mulai fokus pada konten audio, salah satunya dengan kehadiran fitur Podcast.

Sebelumnya pada April 2021, Facebook juga mengumumkan rencana kehadiran fitur Soundbites yang akan ditayangkan di News Feed. Ide di balik Soundbites adalah memberikan sebuah studio suara di saku pengguna. Pengguna pun punya kesempatan membuat klip pendek yang dapat dibagikan.

Untuk podcast sendiri, tampaknya Facebook mengandalkan fakta bahwa podcaster menggunakan platform jejaring sosial untuk mempromosikan acara mereka.

Kehadiran podcast di Facebook memungkinkan pengguna tidak perlu meninggalkan aplikasi Facebook untuk bisa mendengarkan podcast. Selain itu, Facebook juga melihat adanya potensi iklan dalam podcast.

(Tin/Ysl)

 

Lanjutkan Membaca ↓