Facebook Akan Tampilkan Iklan di Aplikasi Oculus Quest

Oleh Arief Rahman Hakim pada 18 Jun 2021, 06:30 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 07:06 WIB
Oculus Rift, Perangkat Canggih untuk Para Gamers Sejati
Perbesar
Buat kamu para gamers sejati, yuk simak review perangkat canggih Oculus Rift dalam video berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook akan segera melakukan uji coba untuk memunculkan iklan di sistem virtual reality (VR) Oculus Quest milik perusahaan.

Mengutip The Verge, Jumat (18/6/2021), Facebook akan memulai proses uji coba iklan ini dalam kurun waktu beberapa minggu mendatang.

Saat dalam tahap uji coba, iklan tersebut akan muncul di dalam game berjudul Blaston besutan Resolution Game, dan dua game yang tidak disebutkan namanya.

Facebook berencana akan memperluas sistem iklan di Oculus Quest berdasarkan feedback (masukan) dari pengguna, dan lebih lanjut menciptakan "platform mandiri" untuk pengembangan VR.

Informasi, Facebook telah lebih dahulu memperkenalkan iklan di aplikasi mobile Oculus bulan lalu, dan menggunakan data tersebut untuk menargetkan iklan Facebook sejak 2019.

“Begitu kami mengetahui hasil pengujian ini dan feedback dari pengembang dan komunitas, baru bisa kami ungkap kapan iklan tersedia di seluruh platform Oculus dan di aplikasi mobile Oculus,” kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog.

 

Facebook akan Tampilkan Iklan di Aplikasi Oculus
Perbesar
Facebook akan Tampilkan Iklan di Aplikasi Oculus. (dok: Facebook)

Data Informasi Pengguna

Sama seperti aplikasi Facebook lainnya, pengguna bisa memblokir postingan atau perusahaan muncul di slot iklan. Perusahaan mengatakan, mereka sama sekali tidak mengubah bagaimana cara mengumpulkan dan menganalisis informasi pengguna.

Facebook tidak bia mengumpulkan berbagai informasi data sensitif, seperti gambar dari kamera headset Oculus dan informasi berat atau tinggi badan dari pelacak kebugaran Oculus Move yang ada di perangkat.

Selain itu, Facebook juga tidak memiliki rencana untuk menargetkan iklan berdasarkan data pergerakan atau rekaman dari asisten suaranya.

 

Belum Menentukan

Kendati rencana tersebut telah diungkap, Facebook masih belum menentukan dimana untuk meletakkan iklan tersebut di tampilan.

Di sisi lain, Facebook juga belum mengidentifikasi aplikasi lain yang akan disisipkan iklan, meski dikabarkan akan mencantumkan nama-namanya dalam beberapa minggu mendatang.

“Saat ini kami berinvestasi dalam iklan yang tidak mencolok sebagai cara baru bagi pengembang untuk membangun bisnis. Meski belum cukup siap untuk diuji, kami juga mengeksplorasi format iklan baru yang unik untuk VR,” katanya.

Facebook mengatakan iklan adalah bagian dari upaya untuk mencari tahu opsi bisnis yang menguntungkan di bidang pengembangan aplikasi VR.

Lanjutkan Membaca ↓