WhatsApp Perkenalkan Fitur Pencarian Stiker

Oleh Iskandar pada 17 Jun 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 07:00 WIB
Stiker WhatsApp bertema Ramadhan. Dok: Iskandar/Liputan6.com
Perbesar
Stiker WhatsApp bertema Ramadhan. Dok: Iskandar/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Fitur berkirim stiker adalah salah satu kemampuan WhatsApp, yang pada dasarnya adalah emoji dengan tampilan lebih besar dan lebih banyak opsi desain.

Namun, penerapan stiker WhatsApp tidak sebagus aplikasi lain, seperti LINE, yang memiliki kemampuan untuk merekomendasikan stiker berdasarkan apa yang kamu ketik.

Menurut WABetaInfo, beta terbaru WhatsApp (versi 2.21.120.9) memungkinkan pengguna untuk mencari stiker. Artinya, jika ada stiker atau jenis stiker tertentu yang kamu cari, kamu dapat mencarinya.

Saat kamu mengetik kata atau emoji tertentu yang mencerminkan salah satu stiker di perpustakaan stiker, WhatsApp akan menampilkan tombol stiker, untuk memberi tahu bahwa stiker telah ditemukan.

Perlu dicatat bahwa ini hanya berfungsi pada stiker WhatsApp bawaan yang disertakan dalam aplikasi. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Kamis (17/6/2021).

Ada kemungkinan fitur ini tidak berfungsi untuk stiker pihak ketiga atau stiker yang kamu buat sendiri.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

WhatsApp Akan Bisa Digunakan hingga Empat Perangkat, Kapan?

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Adem AY/Unsplash

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan akan mendukung akses multi-perangkat yang memungkinkan pengguna mengakses akun yang sama di empat perangkat berbeda. Fitur itu akan hadir sementara dalam versi beta beberapa bulan ke depan.

Selain dukungan akses multi-perangkat, CEO Facebook, Mark Zuckerberg dalam wawancara bersama WABetaInfo mengatakan kalau WhatsApp juga menambahkan fitur ‘view once’.

Fitur itu memungkinkan pengguna mengirim pesan yang bisa menghilang setelah dilihat.

Layanan ini juga memperluas fitur disappearing messages, yang saat ini memungkinkan pesan dihapus setelah jangka waktu tertentu. Di masa mendatang, "disappearing mode" baru akan memungkinkan pengguna mengaktifkan pengaturannya di semua obrolan.

Mengutip The Verge, Sabtu (12/6/2021), ia menambahkan dukungan multi-perangkat pada WhatsApp tidak akan memengaruhi enkripsi end-to-end terkait keamanan pesan yang dikirim.

"Ini merupakan tantangan teknis yang besar untuk membuat semua pesan WhatsApp dan konten kamu disinkronkan dengan benar di seluruh perangkat, bahkan ketika baterai ponsel kamu mati, tetapi kami telah menyelesaikan ini dan kami berharap untuk segera menyelesaikannya," tulis Mark Zuckerberg.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kapan Rilis?

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash

Kendati demikian, WhatsApp tidak mengonfirmasi kapan fitur view once dan disappearing mode yang diperluas akan dirilis resmi.

Namun, pimpinan WhatsApp Will Cathcart mengatakan bahwa dukungan multi-perangkat akan memasuki beta publik ‘dalam satu atau dua bulan ke depan.’

Bersama dengan informasi ini laporan tersebut juga menyebut bahwa WhatsApp sedang mengerjakan fitur cadangan obrolan terenkripsi yang dilindungi kata sandi.

Akhirnya, itu akan memungkinkan pengguna untuk mentransfer riwayat obrolan dari perangkat iOS ke Android atau sebaliknya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

WhatsApp Segera Hadirkan Verifikasi Akun via Telepon

WhatsApp
Perbesar
WhatsApp (YASUYOSHI CHIBA / AFP)

Selain itu, WhatsApp kedapatan sedang melakukan uji coba metode baru untuk verifikasi akun pengguna selain SMS.

Seperti yang sudah diketahui, WhatsApp biasanya akan mengirimkan kode OTP (one-time password) setiap kali pengguna menginstal WhatsApp di ponsel baru atau restore akun.

Sebagai pilihan verifikasi selain mengirimkan SMS berisikan enam digit angka, WhatsApp akan menggunakan metode baru untuk memverifikasi akun kamu.

Mengutip WABetaInfo via The Next Web, Senin (7/6/2021), metode baru yang diberi nama flash calls ini sedang diuji coba untuk perangkat Android.

Lalu bagaimana cara kerja flash calls ini? Sederhana, pengguna dapat memilih untuk menerima panggilan verifikasi ini ketimbang lewat SMS.

Nanti, WhatsApp akan menghubungi pengguna beberapa saat dan mengakhiri panggilan--seperti metode yang digunakan oleh Telegram. Pengguna tak perlu mengangkatnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Terbatas di Android

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Adem AY/Unsplash

Saat diluncurkan nanti, besar kemungkinan metode verifikasi baru di WhatsApp hanya akan tersedia untuk perangkat Android saja. Hal ini karena iOS tidak mengijinkan aplikasi untuk membaca riwayat panggilan.

WABetaInfo mengatakan, meski aplikasi akan mengakses log panggilan pengguna untuk membandingkan entri terakhir, tetapi tidak mengakses data pengguna.

(Isk/Ysl)

 

Lanjutkan Membaca ↓