Apple Watch akan Dilengkapi Sensor Suhu hingga Pemantau Gula Darah

Oleh Arief Rahman Hakim pada 17 Jun 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 08:00 WIB
Apple
Perbesar
Tampilan Apple Watch Series 6 yang baru saja diperkenalkan. (Dok. Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan tengah merencanakan generasi lanjutan dari perangkat Apple Watch untuk dilengkapi sensor suhu dan pemantau gula darah. Selain itu, prosesor-nya pun akan dibuat lebih kencang.

Produk lanjutan itu, disebut-sebut adalah Apple Watch Series 7 yang akan mendapat peningkatan konektivitas nirkabel dan layar yang diperbarui.

Mengutip Bloomberg, Kamis (16/6/2021), Fitur seperti sensor suhu tubuh diklaim akan membantu mendeteksi gejala Covid-19. Buktinya, terjadi lonjakan permintaan untuk gadget serupa seperti Withings Thermo.

Bahkan beberapa perusahaan menawarkan termometer digital kecil untuk dicolokkan ke port pengisian daya smartphone untuk digunakan.

Dengan demikian, menambahkan fungsi sensor suhu tubuh di perangkat wearable Apple akan membuatnya cocok dengan band kebugaran lainnya seperti Fitbit.

Apple sebelumnya ingin menempatkan sensor suhu tubuh pada model Apple Watch yang dirilis tahun ini, tetapi itu kemungkinan mundur hingga 2022.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Monitoring Gula Darah

Apple Watch Series 3
Perbesar
Apple Watch Series 3. (Doc: Apple)

Selain itu, pemantau gula darah atau glukosa pun akan berguna untuk mengontrol kadar gula tanpa perlu mengambil sampel darah.

Apple dan produsen jam tangan pintar lainnya saat ini mengandalkan aplikasi yang memungkinkan pengguna memasukkan kadar glukosa mereka secara manual.

Di sisi lain perusahaan perangkat medis seperti Dexcom Inc. menawarkan monitor gula darah untuk berbagi data dengan Apple Watch.

Namun, fitur monitoring gula darah sepertinya belum siap untuk dirilis secara komersial dalam waktu dekat.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tampilan Baru

8 Keunggulan Apple Watch Dibanding Smartwatch Android
Perbesar
Apple Watch menawarkan sejumlah keunggulan di sektor navigasi dan antarmuka.

Sementara itu, dari bocoran tampilan baru-baru ini, Apple tengah menguji tampilan layar yang lebih tipis dan teknik laminasi baru.

Itu mungkin akan membuat perangkat menjadi sedikit lebih tebal secara keseluruhan, tapi tidak dari sudut pandang pengguna.

Model ini akan mencakup fungsionalitas koneksi ultra-wideband yang diperbarui, yang mana ini adalah teknologi serupa yang digunakan pada AirTag.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Model Olahraga Ekstrem

Apple Watch
Perbesar
Apple Watch Series 3. (Doc: Apple)

Selain itu, model olahraga ekstrim, yang digambarkan oleh beberapa sumber sebagai edisi ‘penjelajah’ atau ‘petualangan’, sedang dalam pengembangan dan kemungkinan besar akan diluncurkan pada 2022.

Model ini disebut-sebut akan turut bersaing dengan jam tangan pintar milik Garmin dan Casio di pasaran.

Menanggapi segala rumor ini, juru bicara Apple menolak berkomentar. Dengan demikian, masih banyak kemungkinan yang akan terjadi terkait rencana Apple ini.

Mengacu rencana, tahun depan Apple akan menghadirkan versi anyar dari Apple Watch, kemudian penerus Apple Watch SE kelas bawah dan versi baru yang menargetkan atlet olahraga ekstrem.

(Rif/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya