Sukses

Apple Music Versi Android Kebagian Lossless Audio

Fitur dukungan audio kualitas tinggi Lossless Audio kini juga hadir bagi pengguna Apple Music di Android.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran WWDC beberapa hari lalu mengungkapkan berbagai kemampuan yang ditambahkan Apple ke beberapa aplikasi. Salah satunya adalah peluncuran Lossless Audio bagi pengguna Apple Music.

Fitur dukungan audio kualitas tinggi itu kini juga hadir bagi pengguna Apple Music di Android. Sayangnya, fitur ini baru tersedia bagi pengguna terbatas yang mendaftar update versi beta di Play Store. Artinya, fitur ini belum resmi dirilis untuk publik.

Mengutip 9to5Google, Selasa (15/6/2021), setelah pengguna meng-update aplikasi Apple Music, itu akan memberikan akses untuk mendengarkan lagu dengan format spatial audio atau Dolby Atmos di perangkat yang kompatibel.

Apple menggoda penggunanya dengan menyebut ada ribuan lagu yang mendukung Dolby Atmos yang akan tersedia saat peluncuran.

Sama seperti pada perangkat Apple, lagu yang mendukung Dolby Atmos akan memiliki tanda tersendiri yang muncul tepat diatas daftar lagu di halaman album.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengaktifkan

Sementara itu, cara untuk mengaktifkan fitur Lossless Audio cukup sederhana. Pertama, masuk ke bagian 'Settings', kemudian ketuk pada ‘Audio Quality’.

Akan muncul empat pilihan pengaturan. Di sisi paling atas, ada Lossless Audio yang bisa diaktifkan. Di bawahnya, terdapat beberapa metode penggunaan data saat streaming, seperti data seluler, Wifi, dan download.

Ketiganya bisa diatur sesuai dengan kualitas audio yang diinginkan. Antara lain High Efficiency: AAC dengan penggunaan data rendah, High Quality: AAC dengan 256 kbps, Lossless: dengan ALAC hingga 24-bit/48kHz, dan Hi-Res Lossless: ALAC hingga 24bit/192kHz.

3 dari 3 halaman

Langkah Terakhir

Kemudian untuk mengatur Crossfade atau efek perpindahan lagu, pada menu Settings, ketuk bagian 'Crossfade' di bawah ‘Audio Quality’.

Lalu tambahkan pilihan Automatic untuk melengkapi Crossfade Manual yang bisa diatur hingga 12 detik. 

Fitur ini hadir dalam update 3.6-beta bagi Apple Music di Android. Menurut pantauan, Apple Music untuk Android telah diunduh lebih dari 50 juta pengguna di Google Play Store.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.