Aplikasi goKampus Permudah Pelajar Daftar Kuliah

Oleh Iskandar pada 15 Jun 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 10:00 WIB
Dok: goKampus
Perbesar
Dok: goKampus

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi goKampus terus mengalami perkembangan sejak pertama kali meluncur pada 2018, hingga masuk lima besar startup teknologi pendidikan di Asia Tenggara dengan pertumbuhan paling pesat menurut laporan DailySocial 2019.

CEO dan pendiri goKampus, Nathan Santoso, mengatakan platform besutannya ini dibentuk untuk membantu anak-anak Indonesia bisa kuliah di kampus yang mereka inginkan dan jurusan yang mereka cari hanya melalui satu aplikasi.

"Sejak berdirinya goKampus, kami sudah memiliki visi besar membuat aplikasi untuk bisa membantu anak-anak Indonesia pasti bisa kuliah. Apapun pilihan kampus yang mereka inginkan serta jurusan yang ingin mereka pelajari di dalam maupun di luar negeri, kami menyediakan semua aksesnya," kata Nathan melalui keterangannya, Selasa (15/6/2021).

Ia menegaskan goKampus terus berjuang untuk mempermudah akses pendidikan tinggi untuk anak Indonesia melalui kerja sama dengan lebih dari 400 kampus, dalam dan luar negeri.

Terlebih saat masa pandemi yang berkepanjangan seperti saat ini, goKampus memberikan kemudahan akses untuk para pelajar SMA yang ingin mencari berbagai opsi perguruan tinggi swasta lokal (PTS) maupun universitas di luar negeri melalui program Instant Approval yang telah berjalan selama lebih dari satu tahun.

Program ini memungkinkan mereka yang ingin mendaftar kuliah untuk mendapatkan konfirmasi penerimaan kuliah hanya dalam satu jam setelah mendaftar dan mengunggah nilai rapor mereka ke aplikasi.

 

Tak Perlu Isi Lembaran Formulir

"Instant Approval memudahkan pelajar SMA yang ingin daftar kuliah. Mereka tidak perlu lagi mengisi berlembar-lembar formulir untuk daftar ke banyak universitas, cukup dengan mengunggah rapor kelas 10-12 SMA ke aplikasi, maka dalam satu jam akan mendapatkan konfirmasi penerimaan kuliah dari kampus-kampus rekanan kami," kata Nathan.

Untuk semakin mempermudah proses pendaftaran kuliah, kini program Instant Approval telah dilengkapi fitur baru yaitu Drop Your Transcript.

Dalam fitur ini, siswa SMA yang masih belum menentukan tujuan kuliah bisa langsung mengunggah rapor ke aplikasi dan website goKampus dengan mudah tanpa harus memilih universitas dan jurusan terlebih dahulu.

Setelah rapor berhasil diunggah, maka tim goKampus akan langsung menghubungi pelajar yang bersangkutan untuk selanjutnya melakukan konsultasi jurusan kuliah.

"Fitur baru ini kita kembangkan karena ternyata masih banyak pelajar SMA yang masih belum yakin dengan pilihan jurusan dan universitas yang dituju. Dengan bantuan dari tim goKampus, Drop Your Transcript diharapkan bisa membuat siswa SMA semakin yakin untuk daftar kuliah," ujar Nathan.

 

Rilis Logo Baru

Baru-baru ini perusahaan memperkenalkan logo baru dengan tema "Let’s Go dan Keep Going", yang mengedepankan semangat pantang menyerah untuk terus bergerak maju menaklukkan setiap tantangan dan rintangan yang menghadang, apapun bentuknya.

Diluncurkan hampir bersamaan dengan pengumuman SBMPTN 2021, goKampus berharap logo baru ini menginspirasi para siswa yang mungkin belum berhasil dalam SBMPTN tahun ini untuk tidak patah semangat dan terus bergerak untuk mencari alternatif perguruan tinggi dengan bantuan akses yang disediakan oleh goKampus.

Menurut Ezra Adhitya, Creative Head goKampus, timnya merancang logo baru ini dengan filosofi yang diharapkan dapat menginspirasi para pelajar di Indonesia.

"Kalau diperhatikan, logo baru goKampus terlihat seperti muka manusia yang sedang mencari sesuatu melalui sebuah teropong, dan tersenyum puas setelah berhasil menemukannya. Ini mencerminkan semangat goKampus untuk menjadi solusi bagi para pelajar di Indonesia untuk dapat menemukan perguruan tinggi terbaik," papar Ezra.

Lanjutkan Membaca ↓