Google Workspace Sekarang Gratis Buat Semua Pengguna

Oleh Iskandar pada 14 Jun 2021, 18:01 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 18:01 WIB
Google Workspace
Perbesar
Google Workspace. Dok: google.com

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang kita ketahui, beberapa produk dan layanan Google terbagi menjadi dua kategori pasar, yaitu untuk kalangan pengguna biasa dan pengguna enterprise (perusahaan).

Salah satunya adalah Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai G Suite) yang hanya dapat diakses oleh mereka yang punya profil perusahaan.

Tapi saat ini kebijakan itu telah berubah, di mana Google mengumumkan bahwa Workspace sekarang akan terbuka untuk semua pengguna. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Senin (14/6/2021).

Dengan demikian, semua fitur atau layanan (Drive, Document, Spreadsheet, Meet, dan lain-lain) versi enterprise, sekarang akan tersedia untuk semua pengguna yang memiliki akun Google.

Meski ada beberapa fitur tambahan, tetapi sebagian besar tidak terlalu berbeda. Pun demikian, pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur baru yang biasanya hanya ada untuk versi enterprise secara gratis.

Google sendiri juga akan meluncurkan Google Workspace Individual dengan fitur eksklusif untuk pemilik usaha kecil.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengenal Fitur Google Workspace

Google Workspace
Perbesar
G Suite berubah nama menjadi Google Workspace. (Doc: Google)

Hingga saat ini masih banyak perusahaan di Indonesia yang memberlakukan kebijakan work from home (WFH) bagi karyawannya.

Dalam melakukan tugas harian selama WFH menggunakan komputer/laptop, tentu para karyawan akan menggunakan software atau perangkat lunak untuk membantu aktivitas mereka agar dapat lebih mudah, cepat, dan lancar.

Salah satu layanan yang bisa menunjang aktivitas WFH adalah Google Workspace. Mengutip siaran pers yang Tekno Liputan6.com terima, Rabu (3/3/2021), platform ini sebelumnya dikenal sebagai G Suite, kumpulan alat komputasi awan, produktivitas dan kolaborasi, serta perangkat lunak.

Google Workspace sendiri ramah digunakan untuk karyawan kantor, korporasi, pemerintahan, dan juga instansi pendidikan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Keunggulan Google Workspace

Google
Perbesar
Ilustrasi Google | pexels.com/@pixabay

Beberapa keunggulan Google Workspace yang berguna untuk memudahkan pekerjaan, antara lain.

- Dengan menggunakan Google Meet, kamu dapat membuat meeting secara online yang dihadiri sampai 250 orang sekaligus dan dapat merekam serta menyimpannya di Google Drive.

- Kamu dapat mengedit dokumen, spreadsheet atau presentasi bersama-sama sehingga akan lebih mudah dalam kolaborasi realtime bersama tim.

- Kamu juga bisa mengatur agenda pekerjaan atau meeting di kalender dan berbagi file di Google Drive agar seluruh tim tetap solid bekerja sama walau sedang tidak dalam satu kantor.

- Pengembangan fitur baru untuk Google Meet  pada Google Workspace adalah kamu bisa melakukan Meet picture-in-picture sembari menggunakan Docs, Sheets, dan Slides. Hal ini berguna bagi pekerja yang akan melakukan pitching atau rapat dengan klien.

Lanjutkan Membaca ↓