Sukses

Apple akan Sembunyikan Tombol di iPhone 13?

Menyusul kabar iPhone 13 hadir tampa tombol, rumor beredar kalau Apple sedang patenkan ‘capacitive sensing input devices’

Liputan6.com, Jakarta - Beredar rumor kalau iPhone generasi selanjutnya atau iPhone 13 akan muncul tanpa tombol sama sekali. 

Sejak awal tahun ini, bocoran mengenai iPhone 13 hingga render untuk perangkat itu muncul di internet. Kini, giliran isu mengenai tombol di iPhone 13 yang kemungkinan akan disembunyikan Apple.

Mengutip Cnet, Senin (14/6/2021), Apple Insider menemukan bahwa Apple sedang mendorong paten untuk sesuatu yang disebut ‘capacitive sensing input devices’.

Itu, secara sederhana dapat diartikan sebagai perangkat input atau tombol. Dalam temuan Apple Insider tersebut, tombol yang sedang akan dipatenkan perusahaan bakal menjadi tombol tak terlihat.

Artinya, tombol itu hanya akan muncul ketika digunakan, dan sembunyi ketika tidak digunakan. Dengan asumsi demikian, itu akan cocok dengan konsep ‘tanpa tombol’ yang disematkan pada iPhone 13.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spekulasi

Namun, belum jelas apakah paten ‘tombol yang disembunyikan’ ini akan diterapkan pada perangkat Apple seperti iPhone 13 atau perangkat lainnya di 2022.

Segala rumor yang beredar kemungkinan besar akan terjawab pada peluncuran Apple selanjutnya yang dijadwalkan sekitar September 2021 mendatang.

Sebagai informasi, Apple telah lama menghapus beberapa kompartemen dari desain perangkatnya. Ambil contoh, Pada iPhone 7, telah ditiadakan jack headphone sejak peluncurannya pada 2016.

Rumor lainnya juga mengatakan iPhone 13 tidak akan dilengkapi dengan port pengisian daya, dan menggantinya dengan pengisian nirkabel.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.