Sukses

Baru Dirilis, Harmony OS 2.0 Milik Huawei Tembus 10 Juta Pengguna

Meski baru dirilis sekitar seminggu, sistem operasi pengganti Android milik Huawei, HarmonyOS 2.0 kini telah diadopsi oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi baru Huawei, HarmonyOS 2.0 digulirkan beberapa hari lalu. Tampaknya sistem operasi yang digadang-gadang jadi pengganti Android milik Huawei ini menuai kesuksesan di negara asalnya.

Meski baru beberapa hari dirilis, pengguna HarmonyOS 2.0 milik Huawei melampaui angka 10 juta pengguna. Artinya ada lebih dari 10 juta perangkat Huawei yang menggunakan HarmonyOS 2.0.

Meski pertumbuhan OS baru ini sangat cepat, penting untuk diingat, HarmonyOS 2.0 bukanlah suatu OS. HarmonyOS sebenarnya bertindak menjadi merek yang mencakup semua sistem operasi Huawei sampai ke perangkat IoT-nya.

Para pengguna di Tiongkok kini bisa memperbarui perangkat Huawei mereka ke HarmonyOS 2.0. Adapun smartphone yang mendukung update ke HarmonyOS 2.0 adalah seri Mate 40, seri P40, Mate 30, dan MatePad Pro.

Selanjutnya Huawei seri P30 dan Honor V30 akan mendaptkan update beta tertutup dan beta publik pada Juli mendatang.

Sayangnya, sejauh ini belum diketahui bagaimana HarmonyOS 2.0 akan digulirkan ke pengguna di luar Tiongkok.

Sangat mungkin jumlah adopsi HarmonyOS 2.0 bertumbuh, bahkan Huawei menargetkan tercapainya 360 juta perangkat aktif akan menjalankan HarmonyOS pada akhir 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data Dipindahkan Tidak akan Hilang

Huawei juga meyakinkan 1,2 juta pengembang untuk membuat aplikasi untuk platform HarmonyOS.

Dalam wawancaranya, perwakilan Huawei mengungkap sejumlah detail penting mengenai upgrade HarmonyOS 2.0.

Salah satu detail penting yang diungkap, ketika pengguna mem-flash firmware terbaru, semua data pengguna, game, foto, dan aplikasi di OS lama smartphone Huawei akan terbawa ke HarmonyOS 2.0. Sehingga pengguna tidak akan kehilangan data apa pun.

Sekadar informasi, saat ini HarmonyOS 2.0 tengah dalam tahap peluncuran akhir dengan pengujian A/B, di mana pengguna mendaftar ke beta publik untuk saat ini.

Beberapa perangkat masih dalam versi beta internal. Namun, Huawei optimistis HarmonyOS 2.0 akan membuat progres yang cepat.

3 dari 3 halaman

Tentang HarmonyOS 2.0

Sebelumnya, sekitar seminggu lalu, Huawei akhirnya resmi meluncurkan HarmonyOS 2.0 untuk deretan smartphone mereka yang akan menggantikan sistem operasi milik Google, yakni Android.

Dalam proses migrasi besar-besaran tersebut, Huawei berencana untuk menggantikan OS Android di 100 perangkat (smartphone dan tablet) ke HarmonyOS 2.0.

Rencananya, perusahaan asal Tiongkok ini akan mulai merilis HarmonyOS 2.0 pada Juni 2021 hingga tahun depan.

Nah, produk Huawei apa saja yang akan mendapatkan pembaruan dari Android ke HarmonyOS 2.0 ini? Berikut adalah daftar lengkapnya.

Mate40 Pro

Mate40 Pro+

Mate40 RS

Mate40

Mate40E

Mate X2

P40

P40 4G

P40 Pro

P40 Pro+

Mate 30 Pro

Mate 30 Pro 5G

Mate 30E Pro 5G

Mate 30 RS

Mate 30

Mate 30 5G

MatePad Pro

MatePad Pro 5G

Mate Xs

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.