Review Redmi Note 10S, Smartphone Rp 2,8 Jutaan Terbaik?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 12 Jun 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 18:00 WIB
Redmi Note 10S
Perbesar
Redmi Note 10S hadir dengan harga Rp 2,8 jutaan dan menghadirkan performa buas untuk main gim di segmen harganya. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja merilis Redmi Note 10S sebagai pelengkap seri Redmi Note 10 di Indonesia. Xiaomi Redmi Note 10S diperkenalkan setelah Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro.

Posisi Redmi Note 10S ada di tengah antara kedua saudaranya. Dengan selisih harga sekitar Rp 200 ribu dari Redmi Note 10, Redmi Note 10S menyuguhkan keunggulan seperti kamera 64MP, performa gaming yang makin buas untuk smartphone di segmennya, hingga NFC.

Setelah sebelumnya mengulas Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk mengulas Redmi Note 10S terbaru dari Xiaomi.

Bagaimana pengalaman kami dengan smartphone Rp 2,8 jutaan ini dan apakah Redmi Note 10S adalah smartphone Rp 2 jutaan terbaik saat ini? Simak ulasan lengkapnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Desain

Redmi Note 10S
Perbesar
Bodi belakang Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Desain Redmi Note 10S identik dengan Redmi Note 10. Meski dibanderol Rp 2,8 jutaan, desain Redmi Note 10S tidak terkesan murahan. Malah perangkat ini terasa pas, terutama ketika tidak meggunakan casing.

Bodi Redmi Note 10S memiliki ketebalan 8,3mm sehingga nyaman ketika digenggam, terutama oleh pengguna yang memiliki telapak tangan kecil.

Redmi Note 10S punya layar seluas 6,43 inci dengan sebuah lubang di layar. Xiaomi menyebutnya sebagai dot display, karena lubang di layarnya kecil untuk menempatkan kamera selfie.

Tekno Liputan6.com mengulas perangkat berwarna Onyx Gray. Varian warna lain yang ditawarkan adalah Ocean Blue dan Pebble White.

Tidak ada gradasi warna di bodi Redmi Note 10S warna Onyx Gray. Bodinya menggunakan material polikarbonat dengan finishing tidak terlalu glossy dan juga tidak terlalu doff.

Bodi belakangnya juga tidak licin meski tanpa casing. Kendati demikian ketika dipegang tanpa casing, bodi Redmi Note 10S akan menampilkan banyak ceplakan tangan.

Jika memilih untuk menggunakan casing, Xiaomi sudah menyiapkan casing silikon bening di kotak kemasan.

Xiaomi menempatkan empat kamera di bodi belakang. Kamera utama Redmi Note 10 tampak paling besar, di bawahnya terdapat dua modul kamera berukuran lebih kecil. Sementara satu kamera lainnya diletakkan di paling bawah.

Pada bagian sampingnya terdapat sebuah LED flash. Sementara di bagian frame kamera terdapat tulisan Ultra Premium. Di sisi kiri bawah smartphone ini disematkan logo Redmi.

Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Pada sisi bawah Redmi Note 10 terdapat mic, jack audio 3,5mm, dan port USB type C. Selain itu juga terdapat dual speaker stereo, yakni di sisi atas dan bawah perangkat. Redmi Note 10 juga memiliki Infrared Blaster dan grill speaker di sisi atas.

Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Tombol power dan volume diletakkan di sisi kanan perangkat. Sementara SIM card tray diletakkan di sisi kiri untuk menampung dua SIM card dan sebuah microSD card.

Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Layar

Redmi Note 10S
Perbesar
Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Country Manager Xiaomi Indonesia Alvin Tse membanggakan Redmi Note 10S karena perangkat ini sudah menggunakan layar AMOLED. Dengan begitu, output tampilan layar terlihat lebih vivid, hidup, dan memanjakan mata.

Pengguna pun dapat menikmati konten, seperti streaming atau ngegim lebih baik ketimbang di layar jenis IPS.

Layar Redmi Note 10S yang punya luas 6,43 inci dan dengan resolusi 1.080x2.400 piksel (FHD+) dan refresh rate 60Hz.

Meski tidak semaksimal Redmi Note 10 Pro yang punya refresh rate 120Hz, refresh rate ini di layar Redmi Note 10S memungkinkan pengguna mengoperasikan layar dengan lebih gesit.

Layar Redmi Note 10S juga dilindungi Corning Gorilla Glass 3.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Performa dan Baterai

Redmi Note 10S
Perbesar
Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Dibandingkan Redmi Note 10, performa Redmi Note 10S diklaim lebih unggul, termasuk untuk pengguna yang senang main game di smartphone.

Redmi Note 10S dibekali chipset MediaTek Helio G95 yang digadang-gadang menghasilkan kinerja lebih tinggi dibandingkan chipset milik Redmi Note 10, Snapdragon 678.

Chipset Helio G95 pada Redmi Note 10S dipasangkan dengan RAM 6GB LPDDR4X (ada pula opsi RAM 8GB) dan memori internal 64MP UFS 2 (ada pula versi memori 128GB). Kapasitas memori bisa ditambahkan hingga maksimal 512GB.

Dengan kombinasi chipset dan memori ini, performa Redmi Note 10S cukup ngebut untuk ponsel kelas Rp 2 jutaan. Redmi Note 10S juga sudah menggunakan MIUI 12.5 sehingga performanya terasa lebih smooth untuk penggunaan harian.

Berdasarkan pengalaman kami, ponsel ini juga cocok digunakan oleh pecinta mobile gaming. Saat dipakai untuk main PUBG Mobile, pengguna bisa merasakan grafis maksimal di HDR dan frame rate di Ultra. 

Ketika dipakai untuk main PUBG Mobile, kinerja smartphone cukup baik. Dalam artian tidak ada lag atau delay.

Begitu juga ketika dipakai bermain COD Mobile. Redmi Note 10S menyuguhkan performa permainan yang lancar dan tidak ada kendala. Untuk kualitas grafis, maksimal pada pengaturan Sangat Tinggi dan frame rate maksimal Sangat Tinggi. 

Kami juga melakukan pengujian benchmark dengan AnTuTu Benchmark. Redmi Note 10S berhasil mendapatkan skor 339.959 poin. 

AnTuTu Benchmark Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

 

Smartphone agak mulai panas ketika dipakai bermain gim PUBG Mobile selama 1 jam nonstop. Sementara ketika dipakai main COD Mobile, bodi perangkat mulai hangat saat dipakai main 45 menit. 

Redmi Note 10S didukung baterai 5.000mAh dan pengisian daya cepat 33W. Berdasarkan pengalaman kami, pengisian daya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam. Untuk main selama kurang lebih 2 jam, baterai yang terpakai sekitar 35 persen. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kamera

Redmi Note 10S
Perbesar
Kamera Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebagai versi tengah antara kedua seri Redmi Note 10 lainnya, Redmi Note 10S menghadirkan kamera utama 64MP. Sementara Redmi Note 10 punya kamera utama 48MP dan versi Pro dibekali kamera 108MP. 

Adapun masing-masing kamera Redmi Note 10S antara lain adalah kamera 64MP jenis wideaperture f1.8, dan dukungan PDAF.

Kamera lainnya adalah ultrawide 8MP dengan sudut 118 derajat, aperture f2.2. Selain itu ada pula lensa macro dan depth masing-masing 2MP dengan aperture f2.4.

Kemampuan selfie Redmi Note 10S disokong dengan kamera depan 13MP wide dengan aperture f2.5.

Kamera Redmi Note 10S juga didukung berbagai mode mulai dari perekaman pro time-lapsenight mode, hingga video slow motion. Berikut beberapa sampel foto dengan kamera Redmi Note 10S:

Hasil foto Redmi Note 10S:

Hasil foto Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10S kamera wide-angle:

Hasil foto Redmi Note 10S wide angle (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Hasil foto Redmi Note 10S:

Hasil foto Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Hasil Foto dengan Redmi Note 10S

Redmi Note 10S
Perbesar
Redmi Note 10S launching.

Hasil foto Redmi Note 10S:

Hasil foto Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10S, kamera 64MP, foto di-crop untuk menampilkan detail. 

Hasil foto Redmi Note 10S dengan kamera 64MP (foto dicrop). (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10S:

Hasil foto Redmi Note 10S (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10S, kamera 64MP, foto di-crop untuk menampilkan detail. 

Hasil foto Redmi Note 10S dengan kamera 64MP, foto dicrop untuk memperlihatkan detail. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10S di malam hari, tanpa dan dengan night mode:

Hasil foto Redmi Note 10S, malam hari (kiri: tanpa night mode). (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10S malam hari, dengan night mode:

Hasil foto Redmi Note 10S malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10S, kamera macro:

Hasil foto Redmi Note 10S makro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Redmi Note 10S hadir sebagai perangkat tengah antara Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro. Meski selisih harga antara Redmi Note 10 dan Redmi Note 10S hanya Rp 200 ribuan, Redmi Note 10S hadir dengan peningkatan yang lebih signifikan.

Jika kamu adalah pecinta gaming dan pembuat konten untuk media sosial, Redmi Note 10S jelas bisa menjadi pilihan.

Performanya untuk mereka yang suka main gim mobile sudah teruji. Kamera 64 MP-nya pun mampu menyuguhkan gambar yang terbilang baik meski belum sempurna.

Di samping itu, Redmi Note 10S mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang cukup panjang berkat teknologi penghematan daya ditambah pengisian daya yang cepat.

Terlebih, perangkat ini sudah didukung layar AMOLED yang membuat tampilan lebih memanjakan mata untuk streaming film di Netflix atau YouTube. Meski refresh rate-nya masih 60Hz yang cukup jauh jika dibandingkan Redmi Note 10 Pro, Redmi Note 10S sudah cukup smooth digunakan. 

Pengguna juga bisa merasakan suara yang lebih lantang saat mendengarkan musik di Spotify berkat dukungan dual speaker yang disematkan.

Jika kamu punya budget Rp 2,8 jutaan, Redmi Note 10S mungkin bisa jadi pilihan terbaik.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓