Detik-Detik Gerhana Matahari Terjadi di Sejumlah Negara Dunia

Oleh Liputan6.com pada 10 Jun 2021, 21:40 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 20:47 WIB
Gerhana Matahari Cincin di Sejumlah Negara Dunia
Perbesar
Siluet Patung Our Lady, Star Of The Sea saat gerhana matahari parsial di langit di Bull Wall, Dublin, Kamis (10/6/2021). Fenomena gerhana matahari cincin memperlihatkan bulan tidak sepenuhnya menutup seluruh bagian matahari sehingga bagian pinggir bulan terlihat bercahaya. (Brian Lawless/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Momen menakjubkan gerhana Matahari cincin atau annular Solar eclipse yang terjadi pada Kamis (10/6/2021) sore waktu Indonesia, berhasil diabadikan di sejumlah negara. 

Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi. Pada gerhana Matahari cincin, Bulan tidak sepenuhnya menutup seluruh bagian Matahari, dan bagian pinggirnya masih bercahaya. Matahari pun tampak seperti cincin terang di langit alias 'ring of fire'.

Berikut ini merupakan penampakan gerhana Matahari cincin yang terlihat di sejumlah negara:

 
Gerhana Matahari Cincin di Sejumlah Negara Dunia
Perbesar
Gerhana matahari sebagian muncul di balik awan, Arbutus, Md, Kamis (10/6/2021). (AP Photo/Julio Cortez)

Ini merupakan fase awal gerhana Matahari yang terlihat di langit Maryland, Amerika Serikat. 

Menurut NASA, di beberapa tempat, cincin di sekitar Matahari tidak terlihat, malah akan mengalami gerhana matahari sebagian. 

Gerhana Matahari Cincin di Sejumlah Negara Dunia
Perbesar
Matahari yang mengalami gerhana sebagian muncul dari balik awan saat terbit di atas Manhattan di New York, Kamis (10/6/2021). NASA menjelaskan beberapa wilayah Bumi yang bisa melihat fenomena tersebut yakni di bagian Kanada, Greenland, dan Rusia utara. (AP Photo/Seth Wenig)

Seperti yang terjadi di Amerika Serikat, gerhana Matahari sebagian akan terlihat di sepanjang bagian Tenggara, Timur Laut, Barat Tengah, dan di Alaska Utara.

Fenomena ini terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tidak sejajar. Matahari akan tampak memiliki bayangan gelap hanya di sebagian permukaannya. 

 

Gerhana Matahari Cincin di Sejumlah Negara Dunia
Perbesar
Siluet burung menghadap matahari saat bulan menghalangi sebagian matahari selama gerhana matahari parsial di St. Petersburg, Rusia, Kamis (10/6/2021). Gerhana Matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus. (AP Photo/Dmitri Lovetsky)

Penduduk di bagian timur Amerika Serikat dan Alaska utara akan melihat gerhana matahari parsial pada 10 Juni, bersama dengan sebagian besar Kanada dan sebagian Karibia, Eropa, Asia, dan Afrika utara.  

Di banyak lokasi ini, gerhana akan terjadi sebelum, selama, dan segera setelah matahari terbit. Ini berarti bahwa pemirsa harus mendapatkan pandangan cakrawala yang jelas saat matahari terbit untuk melihat gerhana.

Gerhana Matahari Cincin di Sejumlah Negara Dunia
Perbesar
Gerhana matahari cincin muncul di atas cakrawala Toronto, Kamis (10/6/2021). Fenomena gerhana matahari cincin jatuh pada 10 Juni 2021. Gerhana matahari cincin menjadi fenomena yang dinanti setelah gerhana Bulan total pada 26 Mei 2021 lalu. (Frank Gunn/The Canadian Press via AP)

NASA mengungkap, hanya beberapa wilayah Bumi seperti di bagian Kanada, Greenland, dan Rusia utara yang mengalami gerhana Matahari cincin, seperti foto di atas.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓