Ini Syarat untuk Menikmati Fitur Lossless Audio di Apple Music

Oleh Arief Rahman Hakim pada 10 Jun 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 10:37 WIB
Apple Music
Perbesar
Aplikasi Tingkatkan Eksistensi. Sumber : idownloadblog.com.

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan gelaran acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021, Apple mulai menggulirkan fitur lossless audio dan Dolby Atmos untuk pelanggan (subscriber) Apple Music.

Untuk menikmati fitur baru di Apple Music ini, subscriber layanan ini harus memiliki perangkat dengan software terkini dan kompatibel.

Bila kedua hal di atas sudah terpenuhi, subscriber Apple Music dapat streaming konten audio sekelas CD atau lebih tinggi ini di perangkat pilihan mereka.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengaktifkan fitur ini. Karena menawarkan kualitas audio kelas atas, berarti ukuran file lagu yang didengar pun cukup besar.

Karena itu, streaming via jaringan seluler akan memakan kuota data dan men-download-nya akan mengurangi kapasitas memori internal.

Meski iPhone, iPad, dan Mac telah mendukung fitur lossless audio 24-bit/48kHz dan kualitas tinggi (48-bit/192kHz), Apple TV hanya dapat mendukung kualitas CD standar. Dikutip dari Gizmodo, Kamis (10/6/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Headphone Bluetooth Tidak Mendukung

Selain itu, perlu diingat headphone bluetooth tidak mendukung kemampuan lossless audio.

Artinya, pengguna tidak akan bisa menggunakan fitur lossless audio ini hanya berbekal AirPods standar. Terlepas dari model iPhone, iPad, atau Mac yang sudah mendukung fitur ini.

Agar dapat menikmati, pengguna harus memakai AirPods Pro dan AirPods Max.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Aktifkan Fitur Lossless Audio

Lalu bagaimana caranya mengaktifkan fitur lossless audio ini? Sangat mudah. Di iPhone dan iPad, buka Settings > Music > Audio.

Nanti kamu akan menemukan dua menu: Dolby Atmos dan Audio Quality. Untuk Atmos, kamu bisa pilih Automatic.

Sedangkan di bagian Audio Quality, kamu dapat geser tombol ke Lossless Audio dan pilih resolusi yang ingin diinginkan saat streaming via paket data, wifi, dan download.

Lanjutkan Membaca ↓