Gandeng BRI Ventures, Grab Ventures Velocity Batch 4 Meluncur

Oleh Agustinus Mario Damar pada 10 Jun 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 14:15 WIB
Grab
Perbesar
[Ki-Ka] Country Managing Director, Grab Indonesia, Neneng Goenadi dan CEO BRI Ventures, Nicko Widjaja dalam peluncuran program Grab Ventures Velocity Batch 4 X Sembrani Wira. (Ist.)

Liputan6.com, Jakarta - Grab kembali mengumumkan program akselerator startup yang digagasnya, yakni Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 4 x Sembrani Wira. Dalam program tahun ini, Grab bekerja sama dengan BRI Ventures mengangkat tema Scaling Up Together: Empowering Startup, Supporting Microentrepreneurs.

Menurut Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, program akselerator ini bertujuan untuk mencari dan membimbing startup post-seed Indonesia. Utamanya, startup yang produk maupun layanannya difokuskan untuk kebutuhan merchant dan UMKM.

"Program akselerator ini akan diselenggarakan selama 12 hingga 16 minggu. Startup yang terpilih akan mendapatkan rangkaian workshop dan kesempatan melakukan uji coba produk mereka di platform Grab," tutur Neneng dalam konferensi pers virtual yang digelar baru-baru ini.

Lebih lanjut Neneng menjelaskan pada Grab Ventures Velocity kali ini, pihaknya memang ingin menumbuhkan ekosistem startup Indonesia sekaligus mempercepat pengembangan solusi untuk membantu UMKM berkembang di dunia digital.

Oleh sebab itu, Neneng mengajak startup yang menawarkan layanan Point of Sale (POS) Customer Relationship Management, e-commerce enablement, Software as a Service (SaaS) termasuk layanan lain bagi UMKM bergabung dalam program yang digagas Grab ini.

"Kami memilih fokus pada startup yang menyediakan layanan bagi UMKM, bukan hanya karena kami yakin peluang pasar bagi mereka sangat besar, tetapi juga karena ada kebutuhan untuk mengembangkan lebih banyak solusi sesuai dengan kebutuhan UMKM agar mereka juga bisa berkembang di tengah ekonomi digital," tutur Neneng.

Terlebih seperti diketahui, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Karenanya, dengan upaya Grab membantu UMKM berkembang di tengah ekonomi digital lewat program ini, mereka bisa memainkan peran penting dalam pemulihan ekonomi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pendaftaran Grab Ventures Velocity Batch 4

Grab Ventures Velocity Angkatan 3 Dibuka, Yuk Gabung dan Siap Lebarkan Sayap
Perbesar
Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi.

CEO BRI Ventures, Nicko Widjaja pun menyambut baik program akselerasi ini. Sebab, menurut Nicko, tantangan yang dihadapi startup di Indonesia semakin besar dan BRI Ventur berkomitmen mendukung sekaligus membina pemimpin baru di industri digital Indonesia.

"Bermitra dengan GVV merupakan pengalaman yang sangat baik bagi kami, karena tidak hanya memberikan pembinaan bagi para pemimpin startup masa depan dalam menjalankan bisnis, tetapi juga memberikan dampak yang berarti bagi wirausahawan mikro," tuturnya.

Pendaftaran program Grab Ventures Velocity Batch 4 x Sembrani Wira ini dbuka mulai 8 hingga 27 Juni 2021 melalui situs resminya. Setelah itu, Grab bersama BRI Venture akan melakukan penyaringan dan pengumuman startup terpilih dilakukan pada Juli 2021.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

BRI Ventures Kini Investor Strategis Grab

Bersama dengan pengumuman ini, Grab juga mengonfirmasi kini BRI Ventures merupakan salah satu investor strategis perusahaan. Adapun BRI Ventures merupakan perusahaan model ventura milik BRI.

“Kami melakukan investasi strategis ke Grab, dimana kami melihat, Grab sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara telah banyak membuka jalan bagi startup dan UMKM untuk lebih maju," tutur Nicko.

Sebagai informasi, hubungan Grab dan BRI memang sudah terjalin sejak tahun lalu. Pada Mei 2020, keduanya meluncurkan fasilitas pinjaman bunga rendah untuk merchant GrabFood, agen GrabKios, termasuk mitra pengemudi Grab.

Lewat program itu, mitra pengemudi Grab mendapatkan akses pinjaman BRI hingga Rp 5 juta sekaligus memperoleh manfaat dari asuransi kecelakaan diri.

Sementara untuk merchant dan agen GrabKios, Grab bersama BRI menyalurkan Pinjaman Model Kerja Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp 50 juta. Pinjaman KUR ini sekaligus bagain dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓