Sukses

FaceTime Bakal Hadir untuk Pengguna Android dan Windows, Tapi...

FaceTime akan hadir untuk pengguna Android dan Windows, meski begitu kehadiran FaceTime di Android bukan dalam bentuk aplikasi melainkan link untuk mengakses FaceTime dari web.

Liputan6.com, Jakarta - Para pengguna Android dan Windows akan bisa melakukan panggilan di FaceTime. Sebelumnya, layanan panggilan ini hanya tersedia ekslusif untuk pengguna produk-produk Apple.

The Verge melaporkan, dalam konferensi pengembang tahunan WWDC 2021, Apple mengumumkan FaceTime akan tersedia di versi web.

Mengutip CNBC, Selasa (8/6/2021), fitur ini akan digulirkan mulai musim semi tahun ini atau sekitar September 2021.

Lewat update yang akan digulirkan, Apple memperbarui FaceTime menjadi panggilan video layaknya Zoom atau Microsoft Teams.

Di mana nantinya, FaceTime memungkinkan pengguna membuat panggilan terjadwal, dengan mendapat link/tautan ke ruang panggilan. 

Pengguna bisa membagikan link tersebut kepada para pengguna lain untuk bergabung di waktu yang sama.

Link inilah yang dibagikan ke pengguna Android dan Windows dan ketika diklik, akan mengarahkan pengguna untuk membuka FaceTime dari web.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan dalam Bentuk Aplikasi

Dengan begitu, sebenarnya FaceTime tak hadir dalam bentuk aplikasi Android atau Windows, melainkan melalui sebuah link panggilan yang dibuka di web.

Menurut situs web Apple, mereka yang ingin bergabung ke panggilan FaceTime hanya perlu menjalankan versi terbaru Google Chrome atau web browser Microsoft Edge.

Bisa dibilang, orang-orang masih memerlukan perangkat Apple untuk memulai panggilan atau untuk menikmati beberapa fitur yang baru diumumkan Apple untuk FaceTime.

Misalnya fitur menonton film bersama dan mendengarkan musik, yang membutuhkan aplikasi Apple tertentu.

 

3 dari 3 halaman

Update untuk FaceTime

Pada ajang konferensi pengembang ini pula, Apple mengungkap sistem operasi terbaru iOS 15. Ada sejumlah fitur baru yang dihadirkan. 

Perusahaan mendesain ulang aplikasi panggilan video ini dengan menyuguhkan opsi grid view dan portrait mode.

Soal audio saat melakukan panggilan FaceTime, perusahaan juga menawarkan fitur Spatial Audio yang mampu “meredam” suara yang tidak diinginkan sehingga tidak akan mengganggu obrolan di FaceTime.

Apple juga memperkenalkan FaceTimelink yang memungkinan pengguna untuk mengajak teman mereka untuk berbincang-bincang.

Menariknya, fitur ini tidak hanya sebatas bagi pengguna perangkat Apple semata, pengguna Android dan Windows pun juga dapat ikutan join perbincangan di FaceTime dengan membuka link di browser mereka.

Kemampuan FaceTime semakin menarik dan seru untuk berbagi dengan teman-teman lewat fitur SharePlay. Dengan ini, pengguna dapat berbagi layar untuk mendengarkan musik dan menonton film bersama saat FaceTime-ing.

Fitur ini dapat digunakan untuk layanan Apple, dan sejumlah aplikasi pihak ketiga, diantaranya Disney+, hulu, HBOMax, TikTok, dan lainnya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.