Layanan 5G Telkomsel Hadir di Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar

Oleh Agustinus Mario Damar pada 08 Jun 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 07:15 WIB
Telkomsel
Perbesar
Peluncuran layanan 5G Telkomsel di Denpasar. (Foto: Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel baru saja mengumumkan telah memperluas layanan 5G miliknya ke lima kota lain, yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar. Setelah sebelumnya, layanan 5G hadir di Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan.

"Hadirnya layanan 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang semakin mendorong keterbukaan peluang lebih luas lagi," tutur Direktur Network Telkomsel, Nugroho, dalam keterangan resmi, Selasa (8/6/2021).

Lebih lanjut Nugroho mengatakan, usai memperluas layanan 5G di lima kota ini, Telkomsel berkomitmen untuk memastikan 5G tersedia bagi semua orang di Indonesia, baik segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri.

Oleh sebab itu, dia mengatakan pihaknya akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital lewat layanan dengan kualitas terbaik. Mulai dari jaringan kecepatan tinggi, low latency, hingga mendorong kolaborasi antar pemangku kepentingan.

Nugroho menambahkan, kehadiran jaringan 5G Telkomsel juga mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor unggulan di kota-kota yang sudah mendapat layanan ini.

Salah satunya di sektor pariwisata dengan diversifikasi layanan dan jasa lewat optimalisasi teknologi digital terdepan. Sektor lain yang juga tidak kalah penting adalah pendidikan dengan mendukung upaya pengembangan riset terukur dan tepat.

Selain itu, 5G juga dapat mendorong implementasi industri 4.0 melalui peningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri. Untuk diketahui, Telkomsel mengatakan pihaknya memang akan memperluas cakupan layanan 5G miliknya diperluas secara bertahap.

Layanan 5G Telkomsel di 5 Kota Baru

Telkomsel
Perbesar
Peluncuran layanan 5G Telkomsel di Batam. (Ist.)

Sebagai informasi, di kota Batam, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputa area GraPARI Batam Center, sedangkan di kota Makassar, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pettarani Makassar.

Kemudian untuk kota Surabaya, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pemuda Surabaya. Di kota Denpasar, jaringan Telkomsel 5G sudah tersedia di GraPARI Renon Bali

Oleh sebab itu, masyarakat kini dapat mengunjungi GraPARI tersebut untuk merasakan langsung teknologi 5G dari Telkomsel. Mereka dapat mencobanya untuk memakai digital terkini seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Sementara untuk kota Bandung, Telkomsel 5G hadir di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung. Kehadiran 5G di kedua kampus itu ditujukan untuk mendukung riset yang dilakukan peneliti dalam pengembangan pemanfaatan 5G bagi kehidupan masyarakat.

"Keunggulan teknologi 5G dapat membuka lebih banyak peluang terciptanya solusi dan inovasi digital dari para talenta tanah air untuk kepentingan masyarakat luas, termasuk mendorong masyarakat tidak hanya menjadi smart digital user atau sekedar menjadi pengguna, melainkan smart digitalpreneur atau pemain utama dalam ekosistem pemanfaatan teknologi 5G," tutur Nugroho.

 

Kolaborasi 5G Telkomsel dengan Schneider Electric

Bersama dengan momen peluncuran layanan 5G seretak di lima kota ini, Telkomsel juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Schneider Electric dalam mempercepat transformasi digital Indonesia dan Industry 4.0.

Keduanya akan akan melakukan 5G trial joint collaboration melalui berbagai program. Beberapa program yang akan digelar adalah live streaming virtual tour dari pabrik pintar Schneider Electric di Batam ke mitra global.

"Penandatanganan MoU dengan Schneider Electric juga menjadi bukti nyata komitmen kami dalam menghadirkan ekosistem layanan 5G yang tepat guna melalui upaya kolaboratif dengan para pemangku kepentingan, terutama dengan pelaku di industri," tutur Nugroho.

Layanan 5G Telkomsel digelar dengan teknologi NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz. Saat ini, perangkat yang mendukung 5G Telkomsel di Indonesia adalah Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓