Sukses

7 Tahun Hadir di Indonesia, vivo Fokus Kembangkan Inovasi

Selama tujuh tahun perjalanannya di Indonesia, vivo telah merilis serangkaian varian produk berteknologi canggih, antara lain vivo V Series, vivo Y series, vivo S dan Z Series, serta vivo X Series.

Liputan6.com, Jakarta Para pengguna smartphone entry level hingga flagship di Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan vivo, merek smartphone yang memiliki keunggulan pada fitur kamera dan audio di setiap segmennya. Tahukah kamu, kapan pertama kali vivo hadir di Indonesia dan seri smartphone apa saja yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia?

Dari judulnya saja sudah menjawab kalau vivo sudah hadir selama 7 tahun di Indonesia atau sejak tahun 2014. Namun, sebagai perusahaan teknologi, vivo sejatinya sudah berdiri lebih dari 25 tahun lho.

Sebagai brand teknologi asal Tiongkok, vivo telah berdiri sejak tahun 1995 dan mulai memasuki pasar ponsel pada tahun 2003. Awal tahun 2011, untuk pertama kalinya vivo meluncurkan smartphone di Tiongkok dan mulai ekspansi pasar global pada 2014 dengan memperkenalkan serangkaian produk di berbagai negara seperti India dan Indonesia.

Perdana vivo di Indonesia

Juni 2015 menjadi momen bersejarah bagi vivo, sebab untuk pertama kalinya vivo resmi meluncurkan produknya di Indonesia yaitu vivo X5 Pro yang mengusung keunggulan pada fitur kamera dan audio. 

Hadir sebagai pendatang baru di tengah persaingan industri smartphone, vivo terus membuktikan diri sebagai salah satu brand leader di Indonesia. Terbukti vivo menjadi top three brand smartphone selama tiga tahun terakhir dan memperkuat posisi sebagai brand smartphone pertama di Indonesia sepanjang 2020.

Selama tujuh tahun perjalanannya di Indonesia, vivo telah merilis serangkaian varian produk berteknologi canggih, antara lain vivo V Series, vivo S dan Z Series yang diperkenalkan pada 2019, vivo Y Series entry-level, dan seri flagship global, vivo X Series.

Senior Brand Director vivo Indonesia, Edy Kusuma dalam sebuah kesempatan mengatakan bahwa pencapaian vivo sepanjang tujuh tahun ini tak lepas dari dukungan dan kepercayaan konsumen terhadap vivo di Indonesia. 

 Di tengah industri yang sangat kompetitif dan tantangan untuk terus berinovasi, kami fokus menjaga standar kualitas global baik dalam produk maupun layanan demi kepercayaan konsumen. Selain itu, kami juga terus mendalami profil konsumen dan gaya hidup mereka untuk menghadirkan produk yang relevan dan inklusif bagi berbagai segmen," ujar Edy Kusuma.

vivo V Series

Pada Mei 2016, vivo meluncurkan V Series pertama, vivo V3, yang mengusung fitur unggulan pada kamera depan. Hingga tahun 2021, tidak kurang dari 20 varian V Series telah diperkenalkan vivo di Indonesia, menjadikannya salah satu seri vivo dengan varian terbanyak. 

Ditujukan untuk generasi muda yang aktif, ekspresif, dan fashionable, varian vivo V Series seperti vivo V5 di tahun 2016, V7 Plus di tahun 2017, vivo V15 dan V15 Pro di tahun 2019, juga mengundang animo yang luar biasa dari konsumen di Indonesia. Dimana V Series menawarkan keunggulan resolusi kamera depan tertinggi di dunia, mekanisme kamera depan yang inovatif, serta desain yang elegan.

vivo X Series

Untuk mendukung tren fotografi yang berkembang di para pengguna smartphone, vivo menunjukkan komitmen dan kemampuannya dalam mengembangkan smartphone fotografi profesional melalui X Series. Selanjutnya, pada tahun 2020, vivo membuat langkah besar untuk mendefinisikan ulang sistem fotografi seluler dengan menghadirkan teknologi Kamera Stabilisasi Gimbal pertamanya di smartphone melalui vivo X50 Series. Dengan inovasi ini, teknologi Gimbal yang biasanya digunakan oleh fotografer dan sinematografer profesional untuk hasil pencitraan yang lebih stabil dapat diakses dengan desain smartphone yang ramping.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar, vivo terus memperkuat kompetensinya dalam menghadirkan inovasi. Didukung oleh 10 infrastruktur R&D dan teknisi profesional di berbagai negara, vivo mengeksplorasi perkembangan teknologi di bidang pencitraan bergerak (mobile imaging), termasuk fotografi, estetika desain, dan kecerdasan buatan (AI). Selain itu, vivo R&D center juga fokus pada pengembangan teknologi 5G yang sebelumnya telah diterapkan pada produk vivo di Tiongkok, dan kini di berbagai negara termasuk Indonesia.

"Sejalan dengan perluasan portofolio produk, vivo terus berkomitmen untuk mengeksplorasi inovasi yang dapat dihadirkan dalam fitur-fitur esensial yang mendukung pengalaman mobile yang semakin optimal.

Terbaru, vivo meluncurkan V21 5G, smartphone dengan dukungan jaringan 5G yang hadir dengan fitur Dual OIS Night Camera dengan 44MP OIS Super Night Selfie di kamera depan. Selain itu, vivo juga meluncurkan Seri X60, varian smartphone vivo 5G yang melanjutkan inovasi kamera profesional dengan teknologi Gimbal Stabilization 2.0 dan fitur Extreme Night Vision 2.0. 

"Saat ini, fokus inovasi vivo adalah long-track phase yang meliputi pengembangan pada hardware dan komponen cerdas didalamnya seperti fitur Gimbal Stabilization pada X Series, dan Dual OIS Night Camera yang membuat pengalaman fotografi semakin profesional," jelas Edy Kusuma.

Seri vivo X60 juga merupakan seri pertama dengan ZEISS Imaging System pada fitur kamera, hasil kolaborasi global antara vivo dan ZEISS untuk kualitas gambar dan video yang lebih profesional. Sama seperti V21 5G Series, vivo X60 Series dengan varian X60 dan X60 Pro sebagai smartphone 5G Ready juga akan berlaku untuk Jaringan 5G di pasar Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.