Sukses

Samsung Punya Panten Smartphone Layar Lipat Baru, Seperti Apa?

Samsung ternyata sudah mendaftarkan panten ponsel layar lipat tiga, seperti apa bentuknya?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung adalah salah satu vendor smartphone yang sangat tertarik dengan pengembangan lini ponsel layar lipat.

Setelah Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold2, perusahaan kabarnya sedang bersiap untuk merilis smartphone layar lipat teranyarnya di tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, ponsel layar lipat yang sedang dipersiapkan oleh perusahaan asal Korea Selatan itu akan memiliki kemampuan layar lipat tiga.

Hal ini terungkap lewat paten yang didaftarkan Samsung ke World Intellectial Property Organisation pada November 2020, dan baru terbit ke publik pada 3 Juni 2021.

Samsung patenkan smartphone layar lipat tiga. (Doc: Samsung/ WIPO)

Berdasarkan konsep paten yang terdaftar, tampak perangkat tersebut tampil dengan satu layar berukuran besar yang dapat dilipat di dua tempat.

Berhubung tidak ada informasi ukuran perangkat dalam gambar tersebut, besar kemungkinan layar yang digunakan persis dengan berukuran sama dengan Galaxy Z Fold2 saat ini.

Agar layar terlipat di dua tempat, Samsung menggunakan dua engsel yang salah satunya dapat dilipat ke dalam--seperti Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Z Flip, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Minggu (6/6/2021).

Sementara itu, engsel yang satunya lagi akan terlipat ke arah keluar, seperti Galaxy Fold 2 dan Huawei Mate Xs.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usung Tiga Kamera Belakang

Galaxy Z Fold 2, smartphone layar lipat ketiga Samsung sekaligus sebagai penerus Galaxy Fold (Foto: Samsung)

Lebih lanjut, gambar paten itu juga memperlihatkan tiga lensa kamera yang terpasang di belakang smartphone, dan speaker dan port USB-C di sisi bodi ponsel.

Gambar paten menunjukkan, engsel layar dapat disesuaikan ke sudut mana pun yang diinginkan. Perangkat ini juga dapat diatur dalam tampilan desktop, mengaktifkan mode DeX.

Bagian tengah belakang ponsel juga akan memiliki pengisian nirkabel terbalik, seperti kasing earbud yang ditunjukkan pada foto paten yang sedang diisi di atasnya.

 

3 dari 3 halaman

Akan Produksi Massal?

Samsung memang saat ini telah disibukkan dengan paten baru untuk perangkat yang dapat dilipat.

Sebelumnya perusahaan mematenkan desain lipat tiga lainnya, di mana kedua engsel dilipat ke luar dan di tengah lipatannya terdapat Galaxy S Pen.

Bocoran informasi Galaxy Z Flip 3 mendatang pun sudah ramai di internet, seperti desain, opsi warna, dan bezel layar yang lebih kecil.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini