Sukses

3 Rekomendasi Mesin Pencari Paling Aman Selain Google Search

Bagi kamu yang merasa khawatir soal keamanan di peramban milik Google Search, berikut ini kita merangkum daftar mesin pencari alternatif.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kebanyakan pengguna internet, salah satu kegiatan paling utama yang dilakukan saat di depan PC/laptop, dan mengenggam smartphone adalah browsing.

Tak dapat dimungkiri, mesin pencari terpopuler di dunia saat ini adalah Google, dengan Google Search miliknya.

Akan tetapi, ada banyak pihak yang mempertanyakan tentang seberapa aman Google Search ini.

Dalam artian aman, apakah mesin pencari ini melacak pencarian, alamat IP, dan menyimpan cookies dan history saat pengguna menjelajah di internet.

Nah, bagi kamu yang merasa khawatir soal keamanan di peramban milik Google ini, berikut ini kita merangkum daftar mesin pencari alternatif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

DuckDuckGo

DuckDuckGo digadang jadi search engine paling aman saat ini. Diciptakan oleh Gabriel Weinberg pada 25 September 2008, DDG disebut tidak merekam aktifitas penggunanya.

Tak hanya itu, mesin pencari ini juga memiliki keunggulan terkait keamanan dengan tidak mengumpulkan password pengguna dan tidak menyimpan history penelusuran pengguna.

DuckDuckGo juga disebut-sebut mampu untuk menonaktifkan bot pelacak yang biasanya menyerang pengguna internet.

 

3 dari 4 halaman

Search Encrypt

Namanya mungkin tidak familiar bagi sebagian banyak pengguna internet. Dari namanya, dapat disimpulkan search engine ini memerhatikan keamanan.

Search Encrypt disebut-sebut menggunakan teknologi secure socket layer (SSL) dan AES-256 untuk memastikan data tidak dicuri oleh hacker dan bot.

Pengembang juga mengklaim search engine aman dari local users yang terhubung ke komputer, dan menggunakan peta dari Open Street Map yang bebas untuk diedit.

Kemampuannya juga dengan memblokir iklan dari pencarian video pengguna. Selain itu, fitur andalannya adalah secara otomatis menghapus history penelusuran setiap 30 menit.

 

4 dari 4 halaman

Gibiru

Selanjutnya adalah Gibiru, search engine ini dirilis sejak 2009 lalu. Dengan tagline ‘Uncensored Private Search’, search engine ini bisa meyakinkan pengguna yang ingin mencobanya.

Gibiru juga hadir dengan aplikasi mobile-nya sendiri, dan telah mendukung VPN saat dipakai. Dalam hal privasi, search engine ini dikatakan tidak menyimpan informasi seperti password, history penelusuran, hingga alamat IP pengguna.

Search engine ini emiliki fitur All Result untuk menampilkan seluruh hasil dari pencarian tanpa terkecuali yang dicari pengguna, termasuk kemampuan mengakses bagi konten-konten yang dibatasi di internet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.