Telkomsel Luncurkan 5G di Balikpapan, Medan, dan Surakarta

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 04 Jun 2021, 10:06 WIB
Diperbarui 04 Jun 2021, 10:06 WIB
Peluncuran Telkomsel 5G di Solo
Perbesar
Peluncuran 5G Telkomsel di Balai Kota Surakarta oleh Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Menkominfo Johnny G. Plate, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Dirut Telkomsel Hendri Mulya Syam.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan layanan 5G di Jakarta, Telkomsel secara serentak menghadirkan jaringan 5G di tiga kota lainnya. Ketiga kota yang dimaksud adalah Balikpapan, Medan, dan Surakarta.

Peluncuran layanan 5G Telkomsel dilakukan secara serentak di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan pada Kamis (3/6/2021).

Dengan peluncuran ini, layanan 5G Telkomsel sudah tersedia di beberapa titik wilayah setempat. Selanjutnya cakupan 5G akan diperluas secara bertahap.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, mengatakan, Telkomsel sebagai first 5G operator di Indonesia terus melakukan upaya bertahap dan terukur dalam memperluas ketersediaan layanan Telkomsel 5G di Indonesia. Dengan begitu, siapa pun dapat merasakan pengalaman 5G dengan dukungan jaringan 5G yang andal.

"Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur dengan harapan ke depannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat dan digitalisasi aktivitas pemerintah daerah, pelaku UMKM dan lintas sektor industri untuk menghadirkan efisiensi dan inovasi lebih banyak," kata Hendri, dalam keterangan Telkomsel.

Pada fase awal peluncuran ini, layanan Telkomsel 5G di ketiga kota tersebut tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cakupan 5G Telkomsel

BTS Telkomsel pertama di Indonesia
Perbesar
BTS Telkomsel pertama di Indonesia. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Di kota Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sedangkan di kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Masyarakat setempat juga bisa mencoba dan merasakan secara langsung pengalaman menggunakan layanan digital terkini yang didukung dengan jaringan 5G dari Telkomsel di area GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Surakarta, dan GraPARI Balikpapan.

Berbagai demo pemanfaatan 5G juga digelar di berbagai GraPARI di atas. Demo yang dilakukan mulai dari Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Saat ini, perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2.300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Ke depannya, Telkomsel akan memperluas kerjasama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung.

Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G. Prosedur ini disediakan oleh masing-masing vendor.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

co-exist 4G dan 5G

Johnny G Plate
Perbesar
Menkominfo Johnny G Plate (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menkominfo Johnny G. Plate yang turut hadir dalam acara mengatakan, pembangunan infrastruktur ICT harus didukung di sisi hilir dengan pemanfaatan teknologi digital yang begitu berkembang.

"Kehadiran infrastruktur di hulu harus memberikan manfaat di hilir untuk kepentingan masyarakat dan untuk kepentingan ekonomi kita. Kita harus memastikan bahwa digital economy, digital culture, dan digital society dan digital government harus dikuasai," kata Johnny.

ā€œKemkominfo akan meneruskan fondasi transformasi digital Indonesia yang bertumpu pada tulang punggung jaringan 4G," kata Johnny.

Ke depan menurutnya, pemerintah bersama dengan operator telekomunikasi akan melaksanakan simultan operation, yakni co-exist antara 4G dan 5G.

"Ke depannya, 5G akan dikembangkan secara gradual sesuai kematangan ekosistem, khususnya di wilayah kota-kota perintis, yakni Surakarta dan 7 kota lainnya," katanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Jajal 5G Telkomsel

Bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal berikut:

- Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)

- Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G

- Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut

- Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G

- Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap).

Pelanggan juga dapat mengunjungi telkomsel.com/5G dan mengisi form registrasi dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓