Coba Cara Ini untuk Atasi RAM Komputer Bermasalah

Oleh Arief Rahman Hakim pada 03 Jun 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 03 Jun 2021, 08:00 WIB
RAM
Perbesar
Ilustrasi: RAM pada smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Random Access Memory (RAM) jadi satu komponen penting untuk pengoperasian komputer atau laptop. Namun, ketika telah digunakan cukup lama oleh pengguna ada beberapa kendala yang mengganggu.

Diantaranya, perangkat sering mati mendadak ketika digunakan atau sesekali kamu mengalami blue screen. Adapun kedua masalah ini dapat disebabkan oleh kondisi RAM.

Pengguna PC juga seringkali mendapati PC atau laptop mengeluarkan suara 'beep' ketika dinyalakan. Hal ini juga dapat menjadi tanda ada kendala pada RAM kamu.

Guna mengatasi masalah RAM di PC secara mandiri, kamu bisa mencobanya dengan melakukan langkah-langkah berikut.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Atur Posisi RAM

Bagi pengguna PC dan laptop dengan kartu RAM yang bisa dilepas-pasang, salah satu solusinya adalah mengatur kembali posisi RAM. Biasanya, kamu dapat menemukan soket khusus yang ada di motherboard CPU komputer.

Kamu bisa mencopotnya sementara dan memasangkannya kembali ke soket yang tersedia. Tentunya, kamu perlu memastikan kartu RAM terpasang sempurna dan tidak goyang sedikitpun.

Setelah itu, coba kamu nyalakan kembali perangkat seperti semula.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bersihkan Kartu RAM

Jika masih menemukan kendala, mungkin ada baiknya kamu perlu membersikan kartu RAM dari debu atau kotoran yang menempel.  Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan penghapus atau kuas kecil.

Selain dua benda tadi, kamu juga bisa menggunakan cotton bud yang diolesi alkohol atau tiner untuk memastikan sela-sela kartu RAM bersih.

Perlu diingat, kamu perlu membersihkan hingga ke bagian kuningan RAM karena debu atau kotoran yang menempel dapat memengaruhi kinerjanya.

 

Lanjutkan Membaca ↓