Sukses

Coba Cara Ini untuk Atasi RAM Komputer Bermasalah

Ada beberapa tanda untuk mengenali RAM komputer kamu rusak dan cara mengatasinya, simak disini

Liputan6.com, Jakarta - Random Access Memory (RAM) jadi satu komponen penting untuk pengoperasian komputer atau laptop. Namun, ketika telah digunakan cukup lama oleh pengguna ada beberapa kendala yang mengganggu.

Diantaranya, perangkat sering mati mendadak ketika digunakan atau sesekali kamu mengalami blue screen. Adapun kedua masalah ini dapat disebabkan oleh kondisi RAM.

Pengguna PC juga seringkali mendapati PC atau laptop mengeluarkan suara 'beep' ketika dinyalakan. Hal ini juga dapat menjadi tanda ada kendala pada RAM kamu.

Guna mengatasi masalah RAM di PC secara mandiri, kamu bisa mencobanya dengan melakukan langkah-langkah berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atur Posisi RAM

Bagi pengguna PC dan laptop dengan kartu RAM yang bisa dilepas-pasang, salah satu solusinya adalah mengatur kembali posisi RAM. Biasanya, kamu dapat menemukan soket khusus yang ada di motherboard CPU komputer.

Kamu bisa mencopotnya sementara dan memasangkannya kembali ke soket yang tersedia. Tentunya, kamu perlu memastikan kartu RAM terpasang sempurna dan tidak goyang sedikitpun.

Setelah itu, coba kamu nyalakan kembali perangkat seperti semula.

 

3 dari 3 halaman

Bersihkan Kartu RAM

Jika masih menemukan kendala, mungkin ada baiknya kamu perlu membersikan kartu RAM dari debu atau kotoran yang menempel.  Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan penghapus atau kuas kecil.

Selain dua benda tadi, kamu juga bisa menggunakan cotton bud yang diolesi alkohol atau tiner untuk memastikan sela-sela kartu RAM bersih.

Perlu diingat, kamu perlu membersihkan hingga ke bagian kuningan RAM karena debu atau kotoran yang menempel dapat memengaruhi kinerjanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini