Sukses

Penyimpanan Google Photos Tak Lagi Gratis

Ruang penyimpanan tanpa batas di Google Photos tak lagi gratis.

Liputan6.com, Jakarta Ruang penyimpanan tanpa batas di Google Photos tak lagi gratis. Ruang yang digunakan oleh foto-foto yang diarsipkan akan dihitung dengan jumlah maksimal penyimpanan Google Drive.

Artinya, file foto maupun video yang ada di Google Photos akan ikut memakan ruang penyimpanan yang diatur di Google Drive.

Peraturan ini dikatakan efektif mulai Selasa, 1 Juni 2021. Namun, semua aturan baru Google Photos tersebut tidak berlaku bagi pengguna smartphone Pixel.

Kamu sekarang harus membayar penyimpanan di atas 15GB yang diberikan Google kepada semua pengguna secara gratis.

Ini bahkan berlaku untuk gambar yang diunggah dalam format terkompresi Google, yang biasa mereka sebut High Quality.

Dengan demikian, mengutip Engadget, Selasa (1/6/2021), jika pengguna membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, itu harus membayar paket langganan yang tersedia mulai Rp 30 ribuan untuk 100GB per bulan.

Ruang di Google Photos itu bisa ditingkatkan hingga 2TB dengan harga langganan Rp 150 ribuan per bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permudah Penghapusan

Aturannya, foto apa pun yang diunggah pengguna sebelum 1 Juni tidak akan dihitung dalam batas tersebut.

Kemudian, Google juga mempermudah penghapusan foto yang tidak diinginkan melalui fitur yang tersedia, seperti untuk menemukan foto blur, screenshot, dan item lainnya yang bisa dihapus.

Google sebelumnya merinci tentang langkah ini pada November 2020, bahwa hal ini bertujuan untuk mengimbangi permintaan penyimpanan.

 

3 dari 3 halaman

Alternatif Google Photos

Kendati demikian, itu tidak dapat diartikan 80 persen pengguna Google Photos akan mencapai batas maksimal penyimpanannya selama tiga tahun lagi.

Meski demikian, ini bisa jadi suatu masalah bagi pengguna yang telah mengisi ruang di Google Drive-nya dengan konten lain.

Bagi pengguna yang ingin beralih dari penyimpanan Google Photos, ada dua alternatif lain yang bisa digunakan dan sejauh ini masih gratis, yakni Dropbox atau Flickr.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini